Pemkab HSU Laksanakan Seleksi JPT

TES-Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) di Hotel G Sign Banjarmasin lingkungan kerja Pemkab HSU. (diskominfo)(kalselpos.com)

Amuntai,kalselpos.com – Kekosongan pada jabatan Eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) akan mulai diisi. Pasalnya Pemerintah Kabupaten HSU telah melaksanakan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) di
Hotel G Sign Banjarmasin 19 – 21 Desember 2021 lalu.

Sekretaris pelaksana Seleksi JPT dilingkungan Pemkab HSU, Khairi Hanan mengatakan, pihaknya melaksanakan berbagai tahapan dan rekomendasi dari komisi ASN.

Bacaan Lainnya

“Tim Pansel juga kebetulan berasal dari akademisi, jadi tim pansel berasal dari unsur eksternal semua, sehingga pelaksanaannya transparan tanpa ada intervensi dari pihak luar,” terang Khairi.

Ia menyampaikan, Tim Pansel terdiri dari lima orang dari akademisi yakni Prof KH Dr HM Hafiz Anshary AZ MA selaku ketua dan empat anggotanya, Dr H Abdul Halim Shahab SH MH, Dr Murdiansyah Herman, S.Sos M.AP, Sukma Noor Akbar M.Psi dan Dr Andi Tenri Sompa, S.IP M.Si.

Ditambahkannya, syarat untuk mendaftar pada seleksi JPT juga tidak mudah, selain minimal memiliki pangkat IVa, berada dalam jabatan eselon tiga sekurang-kurangnya dua tahun. Memiliki rekam jejak yang baik dan sudah mengikuti Diklatpim, menyampaikan makalah serta melakukan presentasi dan wawancara dengan tim pansel.

“Dilatarbelakangi banyaknya, kekosongan jabatan eselon dua di Kabupaten HSU, yakni sebanyak 21 jabatan ditambah adanya perubahan kenaikan jabatan Kesbangpol dari eselon tiga menjadi eselon dua sehingga ada 22 jabatan eselon dua yang kosong,” katanya.

Ia menginformasikan, Tim Panitia Seleksi sudah melaksanakan pengisian jabatan sebanyak 10 jabatan hingga Selasa (21/12) tadi. Dirinya berharap tahun depan semua jabatan yang kosong sudah terisi.

Ketua Tim seleksi (Timsel) Prof KH Dr HA Hafiz Anshary AZ MA di Banjarmasin mengatakan, secara teknis nilai yang diberikan oleh timsel terhadap peserta JPT bersifat rahasia, masing-masing anggota Timsel tidak ada yang mengetahui, jumlah nilai yang diberikan.

“Teknis yang kami lakukan di dalam wawancara, nilai masing-masing timsel yang diberikan itu tidak diketahui oleh yang lain, setelah selesai diserahkan kepada Sekretaris,” ujar Hafiz.

Hafiz menerangkan, nilai yang diberikan tim seleksi (timsel) langsung dimasukan dalam amplop. Kegiatan rekapitulasi nilai juga dilakukan secara terbuka bersama sekretariat panitia dan hasilnya diserahkan kepala plt Bupati HSU untuk ditindak lanjuti.

“Pelaksanaan seleksi JPT memang sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan tim pansel berupaya secara maksimal untuk melaksanakan sebaik-baiknya. Tidak ada intervensi dari siapapun,, objektivitas kita tempatkan sebagai prioritas kita,” tegas Hafiz.

Sementara itu, Plt Bupati HSU H Husairi Abdi yang hadir meninjau pelaksanaan seleksi terbuka JPT di Hotel G Sign Banjarmasin mengutarakan, siapapun pejabat yang lolos seleksi dan menempati posisi jabatan eselon dua, bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya

“Melalui seleksi ini pejabat yang lolos sudah memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan, semoga bisa menjalankan tugas dengan baik,” sampai Husairi.

 

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait