Semai dan Tanam Padi, Bupati Fikry Sampaikan Angka Kemiskinan Menurun

  • Whatsapp
SEMAI PADI- Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry, Kapolres HSS AKBP Sugeng Priyanto, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Muhammad Noor, semai padi IP400 bersama kelompok Tani Simpang Sanga, di Desa Kaliring, Kecamatan Padang Batung.(Sofan) (kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry, Kapolres HSS AKBP Sugeng Priyanto, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Muhammad Noor, semai dan tanam padi IP400 bersama kelompok Tani Simpang Sanga, di Desa Kaliring, Kecamatan Padang Batung, Kamis (25/11).

PANEN PADI- Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry, Kapolres HSS AKBP Sugeng Priyanto, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Muhammad Noor, panen padi bersama kelompok Tani Simpang Sanga, di Desa Kaliring, Kecamatan Padang Batung.(Sofan)(kalselpos.com)

Kepada Dinas Pertanian Kabupaten HSS Muhammad Noor mengatakan, luas sawah di wilayah Kecamatan Padang Batung seluas 1218 hektare, dan hampir 80 persen sudah terairi jaringan irigasi Amandit. “Rata-rata di wilayah Kecamatan Padang Batung sudah tanam pada dua kali setahun, bahkan ada yang sampai tiga kali,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, pada 2021 ini telah dibangunkan saluran irigasi tersier sebanyak 15 unit, 11 dari Balai Wilayah Sungai, 2 dari Dinas Pertanian Kabupaten HSS, dan 2 dari Dinas PUPR Kabupaten HSS. “Pembangunan saluran tersier ini untuk melancarkan masuknya air je sawah-sawah petani,” ujarnya.

Ia mengatakan, panen yang dilaksanakan di lahan Kelompok Tani Simpang Sanga ini, adalah panen yang ketiga semai yang keempat. “Meski sulit terwujud panen empat kali setahun, tapi kita terus berupaya dengan didukung alsintan optimis bisa melakukannya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry berharap kepada petani bisa memanfaatkan jaringan irigasi yang telah dibangun untuk meningkatkan pendapat sehingga ke depan petani makin sejahtera lagi. “Jika petani sejahtera maka masyarakat HSS akan sejahtera yang penduduknya 80 persen petani,” ujar Bupati Fikry.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.