Presiden resmikan Pabrik Biodisel di Tanbu

  • Whatsapp
Presiden Jokowi saat tiba di Pabrik Biodisel disambut Gubernur Kalsel, Kamis (21/10).(Kristiawan) (kalselpos.com)

Batulicin, kalselpos.com – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo meresmikan Pabrik Biodisel milik PT Jhonlin Agro Jaya (JAR), Kamis (21/10/21).

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Pabrik Biodisel di Tanbu.(Kamis (21/10).(Kristiawan) (kalselpos.com)

Pabrik yang berlokasi di Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan (Kalsel) tersebut merupakan salah satu perjuangan dan sumbangsih dari pengusaha di Kalsel, yakni H Andi Syamsuddin Arsyad yang familiar disapa H Isam.

Bacaan Lainnya

“Pabrik Biodisel 30 (B30) tersebut merupakan pabrik terbesar di Indonesia Bagian Timur yang berada di Tanbu, Kalsel,” ungkap Komisaris Utama PT JAR, Andi Arman Sulaiman.

Mantan Menteri Pertanian itu menjelaskan, Pabrik Biodisel tersebut telah dibangun kurun waktu 2 tahun dengan total investasi 2 Triliun dengan kapasitas produksi 1.500 Ton/hari dengan kualitas B30 diproyeksikan kedepan akan dinaikan untuk kualitasnya menjadi B50.

Dengan luas areal 700 hektare dengan mengelola industri Biodisel dan minyak Glgoreng kedepan juga akan dikembangkan menjadi 12 industri.

“Kedepan jangka menengahnya pada Januari 2022 akan dibangun sebanyak 4 smelter yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2023 kedepan,” bebernya.

Untuk serapan tenaga kerja saat ini mencapai 2.320 orang, kemudian nilai total investasi semuanya mencapai 11 Triliun.

Amran Sulaiman mengatakan, dirinya sangat mendukung apa yang telah dilakukan Jhonlin Group, sebuah terobosan dari bentuk CPO menjadi Biodisel. “Tentunya ini bisa menghasilkan nilai tambah untuk menciptkan turunan dari CPO,” harapnya.

Terpisah, Gubernur Kalsel H Syahbirin Noor sangat berterimakasih dan bersyukur atas kehadiran Presiden RI yang telah meresmikan Pabrik Biodisel yang berada di Tanbu.

Kemudian, beliau kata Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel ini, telah menyempatkan diri meresmikan Jembatan Alalak di Banjarmasin hari ini.

Pabrik Biodisel ini merupakan sebuah investasi besar putra daerah dengan menyerap tenaga kerja cukup besar dan lebih esensial lagi mengurangi devisa negara,” tutup gubernur.

Pada agenda kegiatan ini turut hadir Menteri BUMN Erick Tohir, Mensesneg Pratikno, Gubernur Kalsel H Syahbirin Noor, Pangdam Vl Mulawarman Mayor Jenderal TNI Heri Wiranto, Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto, Bupati Tanbu, Kapolres Tanbu, Dandim 1022/TNB, para pengusaha di Kaksel dan unsur pimpinan lainnya dilingkup Pemkab Tanbu.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.