Cuaca Tak Menentu, BPBD HSS minta Warga Waspada

KALAK BPBD- Kepala Pelaksana BPBD KAbupaten HSS, Syamsudin.(Sofan)(kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) meminta masyarakat untuk selalu waspada menyikapi cuaca yang tidak menentu dalam beberapa pekan terakhir ini.

”Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebut bulan Agustus hingga September 2021 perkiraan cuaca masih memasuki musim kemarau,” ujar Kepala Pelaksana BPBD KAbupaten HSS, Syamsudin, Senin (30/8).

Bacaan Lainnya

Namun, kata Syamsudin, intensitas curah hujan diprediksi masih cukup tinggi yang dapat menyebabkan bencana banjir di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Meski sering terjadi hujan titik api kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terlihat di beberapa lokasi di Kabupaten HSS. “Melihat curah hujan tinggi akhir-akhir ini membuat perkiraan cuaca sulit diprediksi secara pasti,” ujarnya.

Untuk itu, Syamsudin meminta kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bencana yang timbul akibat cuaca ekstrim kali ini.

“Masyarakat yang tinggal di bantaran sungai kita minta untuk waspada, karena debit air sewaktu-waktu bisa mengalami peningkatan yang dapat berpotensi banjir,” ujarnya.

Sementara mengantisipasi bencana banjir pihak BPBD Kabupaten HSS terus melakukan pemantauan debit air di hulu Sungai Amandit yakni di Kecamatan Loksado.

“Kita sudah menyiagakan personil dan berkoordinasi dengan TNI-Polri agar dampak bencana bisa diminimalisir,” pungkasnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait