Bupati Kotabaru Sayed Jafar buka Musrenbang 2021 dan penyusunan RPJMD

  • Whatsapp
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten tahun 2021serta penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026, di Operation Room Sekda, Senin.(kalselpos.com)

KOTABARU, kalselpos.com – Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alaydrus SH membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten tahun 2021serta penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 yang bertempat di Operation Room Sekda, Senin (12/7/2021).

Dalam acara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Andi Rudi Latif, SH, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD Kotabaru, Forkopimda, Perwakilan Bappeda, Dinas Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), perwakilan perusahaan BUMN, LSM, Ormas, tamu undangan yang lain serta hadir secara virtual Bappenas RI.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Bupati H Sayed Jafar mengatakan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Kotabaru tahun 2021 ini adalah untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) merupakan penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan daerah dan keuangan daerah serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu lima tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD RTRW dan RPJMN.

Lebih jauh dijelaskannya pula bahwa, visi misi Pemerintah Kabupaten Kotabaru tahun 2021-2026 adalah “Terwujudnya masyarakat Kotabaru yang semakin mandiri dan sejahtera melalui peningkatan di bidang agrobisnis dan kepariwisataan”.

Tentunya dengan tiga misi yakni mewujudkan ekonomi masyarakat yang berdaya saing dengan pemenuhan layanan infrastruktur yang bekelanjutan, meningkatkan kualitas masyarakat yang religius, lebih sehat, cerdas dan kreatif serta terampil dan yang terakhir tentunya meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui penyelenggaraan pemerintah yang melayani, akuntabel dan transparan.

“Untuk diketahui bahwa sumber pendapatan APBD kita saat ini relatif terbatas untuk itu diperlukan upaya dari perangkat daerah untuk bisa memperoleh sumber pendanaan lain khususnya Provinsi dan Pusat begitu juga keterpaduan pembangunan dari perusahaan melalui pelaksanaan CSR,” kata Bupati H Sayed Jafar.

“Saya juga mengharapkan dukungan penuh dari DPRD Kotabaru sehingga proses perencanaan dan penganggaran dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

RPJMD tahun 2021-2026 yang disusun melalui mekanisme Musrenbang tahun 2021 ini akan dapat menjadi pedoman dalam dokumen perencanaan berikutnya untuk pelaksanaan pembangunan demikian juga dalam realisasi pelaksanaan pembangunannya akan lebih baik dari periode sebelumnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.