Peringati Harganas Ke-28 Digelar Sederhana

Peringatan Puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke - 28 Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tahun 2021 yang digelar di Mess Negara Dipa berlangsung sederhana. (ist)(kalselpos.com)

Amuntai, kalselpos.com – Peringatan Puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke – 28 Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tahun 2021 yang digelar di Mess Negara Dipa berlangsung sederhana.

Hal ini mengingat, kondisi Covid-19 sehingga mengedepankan Protokol kesehatan yang ketat, dengan tema ‘Keluarga Keren Cegah Stunting’, Selasa (29/6) tadi dengan diikuti Bupati HSU, Sekretaris Daerah HSU, Forkopimda, Kepala DPPKB, Ketua DWP, Ketua IBI HSU, Kepala SKPD dan pemenang lomba DPPKB HSU.

Bacaan Lainnya

Kepala DPPKB HSU Hj. Anisah Rasyidah menyampaikan, saat ini tantangan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yakmi kualitas, kesehatan dan gizi serta pengasuhan anak yang cukup, salah satu masalah gizi yang ditemukan di Indonesia saat ini, adalah stunting yang disebabkan oleh kekurangan gizi dan masalah kesehatan yang lain, serta masalah pola asuh yang belum optimal.

“Dari 13 Kabupaten/Kota di Kalsel, HSU merupakan masih ada kasus stunting, menyadari kasus stunting memiliki potensi sebagai ancaman dalam mewujudkan generasi yang berkualitas maka pada saat ini waktu yang tepat bagi keluarga untuk berbenah memperbaiki dan menyatukan semangat untuk bangkit dan mengembalikan keluarga pada hakikatnya,” katanya.

Pandemi covid-19 mengingatkan masyarakat untuk mengembalikan kiprah keluarga, mengingatkan untuk lebih peduli pada lingkungan yang paling kecil, yang terdekat, namun sangat berharga yaitu keluarga.

Anisah juga menyebut, peringatan HARGANAS guna mensinergikan gerak dan langkah keluarga Indonesia dalam pencegahan stunting.

Meningkatkan, peran Stakeholder tokoh masyarakat dan keluarga dalam pembangunan serta meningkatkan, kinerja pengelola dan petugas bangga kencana dalam meningkatkan program bangga kencana Dan ketiga meningkatkan kepedulian keluarga Indonesia dalam pencegahan stunting.

Anisah menyebut, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan HARGANAS ke- 28 tingkat kabupaten HSU tahun 2021 ialah pemberian penghargaan dari Kepala BKKBN Pusat dr. Hasto Wardoyo untuk kabupaten HSU sebagai pelaksana pendataan keluarga tahun 2021 tercepat mencapai 100 persen di Kalsel.

“Adapun capaian pelayanan KB sejuta Akseptor sebesar 2505 Akseptor atau sekitar 133,60 persen dari target 1.875 akseptor yang diberikan perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel,” sampainya.

Selain itu, ikut digelar berbagai lomba program bangga kencana diantaranya lomba bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia, PIK remaja, orang tua hebat, PPKBD, Sub PKBD, SSK, Pemilikan Duta Genre dan KB lestari.

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK mengatakan, peringatan HARGANAS sebagai simbol penghargaan terhadap keluarga Indonesia, yang telah melakukan partisipasi aktif dalam program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan Keluarga di Indonesia.

“Peringatan ini dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi bagi para pengelola program keluarga berencana dan pembangunan keluarga sejahtera mulai dari tingkat lapangan sampai dengan pusat, serta bagi para mitra kerja program kependudukan dan keluarga berencana,” jelasnya.

Ia berharap, momentum ini menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran para anggota keluarga untuk senantiasa berupaya memperbaiki kualitas kehidupan keluarga secara berkelanjutan, sehingga akan membentuk dan mewujudkan keluarga yang harmonis keluarga lestari, keluarga yang berkarakter, keluarga yang sehat, keluarga yang sejahtera, keluarga yang tegar dan keluarga yang tangguh menghadapi permasalahan kehidupan, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara.

“Kita bersyukur karena berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat dan keluarga di desa – desa menunjukkan angka dukungan yang cukup tinggi,” ucapnya.

Bupati berharap, pelaksanaan HARGANAS menjadi daya dukung demi meningkatkan kemampuan Keluarga guna mencapai HSU Mantap (Maju, Mandiri, sejahtera agamis, dan produktif).

Turut diserahkan penyerahan piagam penghargaan dan hadiah untuk lomba – lomba yang diserahkan langsung oleh Hj. Anisah Rasyidah Selaku Kepala DPPKB HSU dan didampingi Bupati HSU H. Abdul Wahid HK.

Juara 1 piagam penghargaan pelaksanaan pendataan keluarga 2021 tercepat mencapai 100 persen di Provinsi Kalsel yang diterima oleh ketua ikatan Penyuluh KB HSU Sugianor.

Juara 1 BKB Melati Guntung Amuntai Utara, Juara 2 Bina Keluarga Remaja BKR Tulip Datu Kuning Kecamatan Amuntai tengah, Juara 1 Bina keluarga Lansia kepada BKL Mawar Desa Tambalangan Kecamatan Amuntai Tengah, PIK Remaja dari PIK Teratai Merah Desa Pondok Babaris Kecamatan Sungai Pandan, PKS Gunerawa Desa Bajawit Kecamatan Amuntai selatan, Orang tua hebat Pasangan Rafii Hamdi dan Nurma Yunita Desa Jingah Bujur Kecamatan Haur gading.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait