Semangat Pemuda Banua untuk jadi petani belum Bergelora

  • Whatsapp
Ilustrasi petani milenial.(ist)(kalselpos.com)

Banjarbaru, kalselpos.com – Semangat pemuda atau kaum melenial Banua untuk terjun ke dunia pertanian masih belum bergelora.

Untuk membangkitkan semangat generasi zaman Z itu, tentu bukan perkara mudah dan perlu dukungan semua pihak.

Bacaan Lainnya

“Saat ini jumlah petani milenial Kalsel sudah 3.600 orang. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya sebanyak 2.000 orang, terbanyak petani milenial di Kabupaten Tanah Laut,” ungkap Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman disela acara Kemitraan Multi Pemangku Kepentingan Provinsi melalui kegiatan Kerjasama Provinsi (Provincial Multi-Stakeholder Partnerships) Program YESS Tahap I Tahun 2021, di Banjarbaru, Selasa (15/6/2021).

Program Youth Enterpreneurship and Em  Employment Support Services (YESS) sendiri, beber Syamsir, bertujuan untuk membangkitkan generasi muda agar mau berusaha di bidang pertanian dan produk-produknya.

Diungkapkan Syamsir, tidak gampang untuk menggugah pemuda terjun ke sektor pertanian. Pemuda harus melihat dulu apa keuntungannya jika jadi petani. “Apalagi untuk saat ini harga gabah masih fluktuatif,” cetusnya.

Syamsir berujar, para pemuda punya mata dan hati, kalau mereka akan dapat keuntungan otomatis mereka datang. “Namun sebaliknya bila harga tak sesuai dengan produksi, maka apa yang bisa mereka dapatkan, apalagi kalau sampai (pangan) dikenakan  pajak,” ucapnya.

Pria yang terkenal tegas itu  menilai, untuk melaksanakan program YESS mau tak mau harus turun ke lapangan. “Perlu disiapkan mesin pertanian modern karena ke depan petani milenial tak lagi pakai cangkul tapi hand traktor yang menggunakan remote, kemudian ketersediaan pupuk dan benih hingga tingkat kecamatan, dan lain-lain,” ujarnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.