Antisipasi Karhutla, Pemkab HSS Keluarkan Status Siaga Darurat

  • Whatsapp
RAKOR KARJUTLA- Sekda Kabupaten HSS Muhammad Noor pimpin rakor karhutla. (Kominfo)(kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com– Mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) rapat koordinasi (rakor), Kamis (10/6) di Kanyor Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat.

Rakor antisipasi karhutla dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Muhamamd Noor yang dihadiri Wakapolres HSS Kompol Reinaldo, Pasi Ops Kodim 1003 Kandangan Kapten Inf Bambang Kiswoyo, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten HSS, Syamsuddin, Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten HSS, Iwan Friady serta elemen terkait.

Bacaan Lainnya

Sekda Kabupaten HSS Muhammad Noor, mengatakan rakor dilaksanakan untuk meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dini pencegahan karhutla, dan mencek kesiapan peralatan dan personel untuk menghadapi Karhutla.

“Rakor juga bertujuan untuk terciptanya sinergisitas dari semua elemen dalam upaya bahu membahu dalam penanganan karhutla di Kabupaten HSS, ” ujar sekda.

Dikatakan sekda, hasil rakor kesiapan kebakaran hutan dan lahan tahun ini, pihaknya telah bersepakat untuk menetapkan status siaga darurat dari 1 Juli sampai 31 Oktober 2021. “Kita telah sepakat untuk lebih masif lagi memberikan sosialisasi kepada masyarakat lebih awal, sehingga masyarakat diharapkan memahami dan menyadari bahaya dari karhutla, ” ujarnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten HSS, Syamsuddin, mengatakan akan membetuk pos komando, pos penanganan lapangan dan akan membuat surat edaran kepada semua camat, kepala desa untuk membuat posko di kecamatan dan desa.

“Kami juga akan koordinasi dengan Polres, TNI dan PMK /BPK, Manggala Agni dan semua potensi yang bisa membantu dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten HSS, ” ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang khusus untuk membuka lahan pertanian upayakan tidak membakar lahan. “Membuka lahan dengan membakar akan menimbulkan dampak asap yang mengganggu kesehatan,” ujarnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.