Bupati Fikry Launching Si Dewi Kembang dari Desa

FOTO BERSAMA- Bupati Kabupaten HSS Achmad Fikry dan Wakil Bupati Syamsuri Arsyad foto bersama usai launching Si Dewi Kembang dari Desa.(Sofan)(kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) mempromosikan wisata Air Terjun Haratai, di Desa Haratai, Kecamatan Loksado. Promosi objek wisata Air Terjun Haratai ditandai dengan launching Si Dewi Kembang dari Desa, oleh Bupati Kabupaten HSS Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Rabu (9/6) di Objek Wisata Air Terjun Haratai,di Desa Haratai, Kecamatan Loksado.

Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten HSS, Moh Zakir, mengatakan Si Dewi Kembang dari Desa atau Akselerasi Desa Wisata Berbasis Klinik Pengembangan Daya Tarik Wisata Desa adalah klinik bersama untuk mengembangkan daya tarik wisata desa, separi objek wisata Air Terjun, objek Goa Ranuan, objek wisata Gunung Karungkangan, tempat foto Kayu Manis, Kalulut dan fasilitas lain.

Bacaan Lainnya

“Dengan peningkatan fasilitas- fasilitas yang ditingkatkan diharapkan dapat mendongkrak desa wisata, sehingga orang akan berkunjung datang menikmati objek wisata yang dibuat oleh pengelola, ” ujarnya.

Ia berharap melalui desa wisata orang bisa merubah mindset bagaimana desa wisata, yang dilakukan bersinergi dengan berbagai pihak, dari Dinas Provinsi, Kabupaten, yang tentunya tidak hanya dari fasilitas fisik, namun juga perlu pembinaan pengelolaan objek wisata melalui potensi-potensi yang ada.

“Untuk mendukung pengembangan desa wisata, kedepan kita akan bangun homestay-homestay yang dikelola oleh masyarakat. Kita juga akan mengembangkan river tubing dari Hartai ke Kampung bawah, ” ujar Zakir.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten HSS, HMK Saputra, mengatakan mulai saat ini objek wisata di Loksado sudah mulai dibuka untuk masyarakat luas dan sesuai dengan arahan pak bupati dilakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin yang dilakukan oleh pengelola bagi pengunjung yang datang.

Dikatakannya, fasilitas-fasilitas di objek wisata Air Terjun Haratai telah disediakan gazebo-gazebo untuk bersantai, tempat-tempat berfoto dan kuliner khas Hulu Sungai Selatan. “Objek- objek wisata yang dibuka ini sesuai dengan arahan Kementerian Pariwisata dengan mengacu protokol kesehatan yang disiplin atau terus menerus, ” ujarnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait