Komisi I DPRD Tanbu kunjungi DPMD Kalsel

  • Whatsapp
Usai konsultasi dan koordinasi rombongan Komisi l DPRD Tanbu foto bersama dengan jajaran Dinas PMD Provinsi Kalsel.(ist)

Batulicin,kalselpos.com – Komisi l Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melakukan kunjungan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalsel di Banjarbaru, Selasa (4/5/2021).

Kunjungan tersebut terkait konsultasi dan koordinasi tentang Fasilitasi Adat Istiadat, Penanganan Perekonomian Desa, dan Bantuan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa.

Bacaan Lainnya

Rombongan Komisi I DPRD Tanbu yang dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRD H. Basaluddin Salem diterima langsung Kepala DPMD Kalsel, Drs. Zulkifli MP.

Kepala DPMD mengatan, bahwa dengan fasilitasi adat istiadat, Penanganan Perekonomian Desa, dan Bantuan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa merupakan langkah kongkrit dinas yang dipimpinnya.

Dijelaskannya, bahwa dukungan Pemprov Kalsel dalam pengembangan adat istiadat dan budaya di kalsel merupakan salah satu tujuan dalam menjalankan peraturan Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014.

Yang isinya adalah, melestarikan adat, tradisi dan budaya masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan pengembangan adat dan budaya masyarakat serta sinergisitas peran serta antar pemangku kepentingan pengembangan adat dan budaya, termasuk pemerintahan, baik di tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten dan kota.

“Kemudian upaya dari sinegritas itu sendiri merupakan regulasi dari adat dan budaya, diantaranya melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 tahun 2018 tentang lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat desa bahwa pembinaan dilakukan secara berjenjang dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten sampai dengan pemerintah desa,” jelas Zulkifli.

Dipaparkannya, selama ini DPMD Kalsel senantiasa mendorong setiap desa agar memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai gerak perekonomian desa.

“Kendati demikian, ada sebagian desa yang belum terbentuk BUMDes, oleh karena itu mereka mengalami kesulitan untuk penyertaan modal karena kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan,” tukasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.