Komplotan Penipu berkedok Sumbangan untuk.Masjid dan Ponpes ‘digulung’

  • Whatsapp
[]ardiansyah TERSANGKA PENIPU - Kelima orang tersangka penipuan dengan modus mengatasnamakan pengelola Masjid Agung Husnul Khotimah dan Ponpes Raudatul Janah Kotabaru.

Kotabaru, kalselpos.com – Unit Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Kotabaru berhasil ‘mengulung’ alias mengungkap aksi komplotan penipuan berkedok sumbangan mengatasnamakan masjid dan pondok pesantren (ponpes) di kabupaten setempat.

Pengungkapan kasus penipuan oleh jaringan pelaku asal Paser, Kalimantan Timur dengan memanfaatkan momentum bulan Ramadan, lantaran masyarakat sedang berlomba-lomba mendapatkan amal ibadah.

Bacaan Lainnya

Perbuatan jaringan pelaku penipuan ini, tidak hanya merugikan masyarakat yang memberikan sumbangan, namun juga pengurus masjid serta ponpes yang namanya dicatut.

Apalagi uang hasil sumbangan dikumpulkan digunakan jaringan pelaku untuk kantong pribadi dan berpoya-poya seperti memboking perempuan.

Dikemukakan Wakapolres Kotabaru, Kompol Yuliannoor Abdi di dampingi Kasat Reskrim setempat, AKP Abdul Jalil, Senin (10/5/21) kemarin, dari hasil pengungkapan penipuan itu diamankan lima orang tersangka, yang terdiri dari empat orang menjalankan sumbangan, seorang lagi bertugas sebagai koordinator.

Kelima orang tersangka ini ditangkap pada 5 Mei 2021 lalu, dengan modus operandi mengatasnamakan pengelola Masjid Agung Husnul Khotimah dan Ponpes Raudatul Janah Kotabaru.

Adapun barang bukti diamankan dari para pelaku, kertas sumbangan, uang tunai dan barang bukti lainnya digunakan saat beraksi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.