Aksi Heroik Aiptu Leni Mariani Gagalkan Percobaan Bunuh Diri dari Atas Flyover

Proses evakuasi seorang pria yang nekad ingin bunuh diri dengan terjun dari atas Jembatan Flyover Jalan A Yani KM 4 Banjarmasin (ist)

Banjarmasin,kalselpos.com – Aksi heroik yang dilakukan Aiptu Leni Mariani patut diacungi jempol dan apresiasi tinggi. Pasalnya, anggota Polwan yang saat ini menjabat sebagai Kanit Provos Polsek Banjarmasin Timur itu diketahui telah berhasil menggagalkan percobaan bunuh diri yang dilakukan seorang pria dari atas Flyover Jalan A Yani Kilometer 4 Banjarmasin, Minggu (4/10/2020).

Bacaan Lainnya

Saat ditemui awak media, Aiptu Leni Mariani menceritakan, saat itu awalnya ia ingin berangkat mengantar adiknya dari kawasan Aspol Bina Brata menuju Jalan Mulawarman Banjarmasin sekitar pukul 05.20 WITA.

Namun ketika melintas di atas Flyover dari arah luar kota menuju dalam kota, instingnya sebagai polisi bereaksi karena mendapati sesuatu yang mencurigakan.

“Karena suasana masing agak remang-remang saya awalnya tidak melihat ada orang di atas pagar pengaman Flyover, tapi saya menangkap ada yang aneh. Saya melihat sesuatu berwarna hijau di atas situ,” bebernya.

Karena merasa penasaran dan khawatir terjadi sesuatu. Lantas ia langsung berhenti dan memundurkan mobilnya untuk memastikan apa yang dilihat sebelumnya.

Setelah diamati lebih mendallam, alangkah terkejutnya dia ternyata sesuatu yang ia lihat sebelumnya itu adalah seorang pria yang mengenakan baju hijau yang bersiap melompat dari atas flyover.

“Saya kaget, saya bergegas keluar mobil dan mendekati pria itu. Saat itu kondisi jalanan masih sepi,” lanjutnya.

Ia yang tak mau gegabah tak langsung mendekati pria tersebut, namun hanya memanggilnya dan berusaha membujuk agar mengurungkan niatnya.

Setelah merespon untuk diajak bicara, perlahan dan sedikit demi sedikit Aiptu Leni mendekati pria tersebut hingga ia berhasil meraih tangan pria yang belakangan diketahui berinisial I (29) warga Jalan Geriliya Kelurahan Kelayan Timur Kecamatan Banjarmasin Selatan tersebut.

“Saya saat berhasil menangkap tangannya, langsung saja saya tarik dan saya bawa ke dalam mobil,” lanjutnya lagi.

Setelah pria tersebut masuk mobil, Aiptu Leni langsung mengunci mobil dan membawanya.

Meski berulang kali minta diturunkan dijalan, ia tak menggubris permintaan pria tersebut.

Setelah dikasih air minum dan roti, pria tersebut mulai tenang dan bercerita tentang permasalahan yang dihadapinya.

Ia mengaku ingin nekat bunuh diri karena menghadapi himpitan ekonomi keluarga.

“Sambil cerita dia sempat nangis didalam mobil saya. Saya coba kasih nasehat dan ingatkan tentang dosa bunuh diri, perlahan dia mulai tenang dan mau saya ajak ke Mapolsek,” ujarnya.

Sementara itu Kapolsek Banjarmasin Timur, AKP Susilo saat dihubungi mengaku bangga dan memberikan apresiasi atas apa yang dilakukannya anggotanya tersebut.

“Meski sedang tak bertugas, namun jiwa kepolisiannya tetap bereaksi saat menemukan sesuatu yang mencurigakan. Saya sebagai Kapolseknya merasa bangga,” ujar Kapolsek.

Padahal ujar Kapolsek suasana saat itu masih sangat pagi dan sepi, sehingga ia tak bisa membayangkan jika Aiptu Leni tak bereaksi cepat.

“Saya gak bisa bayangin. Beruntung Ibu Leni melintas dan berhasil membujuk pria tersebut agar mengurungkan niatnya untuk bunuh diri,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Hafidz
Editor : Zakiri