Bupati Balangan Sukses Capai Target RPJMD

Bupati Balangan,H.Ansharuddin.(ist)

Paringin,kalselpos.com– Bupati Balangan H.Ansharuddin yang kini telah memasuki 4(empat ) Tahun pemimpin Kabupaten Balangan ,semenjak Tahun 2015 memegang Pemerintahan telah menunjukan kemajuan berbagai program pembangunan.

Wakil Bupati Balangan,H.Syaifullah

Hal ini sesuai dengan perencanaan yang dibuat oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Balangan ,yaitu pencapaian evaluasi RPJMD periode tahun 2016- 2021.

Bacaan Lainnya

Terutama pencapaian rata- rata kinerja selama empat Tahun sukses berada dipersentase 95,28 dan mendapatkan predikat sangat tinggi atau sukses melampaui target rata- rata keberhasilan seorang kepala daerah.

Sementara itu Visi yang tertuang dari RPJMD TAHUN 2016- 2021 mengusung tema Terwujudnya Kabupaten Balangan yang maju dan Sejahtera Melalui Pembangunan Sumber daya Manusia , Visi tersebut mengandung pengertian Kabupaten Balangan selama 5 (lima ) Tahun kedepan (2005- 2021 ) mempunyai target dan keingian yang kuat untuk mewujudkan suatu tatanan menuju masyarakt mandiri dan sejahtera melalui Peningkatan Sumber daya manusia ( SDM ) di kabupaten Balangan .

Tentunya Visi ini akan terprogram dan akan berakhir seiring masa jabatan Bupati Balangan pada tahun 2021 mendatang , dengan masa jabatan yang tersisa 1(satu ) Tahun lagi sudah dapat dipastikan persentase yang kini telah tercapai akan terlampaui keangka yang maksimal dan akan menjadi catatan yang manis bagi Bupati Balangan H.Ansharuddin ,yang usia Kabupaten Balangan Ke-17 dapat mewujudkan keinginan masyarakat Kabupaten Balangan .

Sementara Misi adalah mewujudkan dari keinginan mnenyatukan Langkah dan gerak dalam untuk mewujudkan mencapai Visi yang telah ditetapkan ,Untuk mewujudkan Visii tersebut tentunya diperlukan 7 ( tujuh) Misi sebagai berikut:

Pertama meningkatkan kualitas sumber daya manusia memlaui pembangunan Pendidikan dan Kesehatan, kedua mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan.

Ketiga mewujudkan pembangunan Infrastruktur yang berkembangan, keempat mewujudkan pemanfaatan sumber daya alam pontensi daerah berdasarkan kearifan lokal.

Kemudian kelima mengembangkan sosial budaya kemasyarakatan, keenam ptimalisasi pemberdayaan aparatur Pemerintah daera dan ketujuh mewujudkan Kamtibmas dan kepastian hukum untuk tercipta suasana yang kondusif.

Misi Bidang Pendidikan menjadi perioritas utama dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di kabupaten Balangan, Untuk tahun 2019 telah mencampai Kinerja RKPD Tahun 2019 rata- rata angka 91,27 persen dengan mendapatkan predikat sangat tinggi,realisasi kenerja dan ggaran RPJMD 2019 rata- rata 74,44 persen predikat sedang.

Diantaranya rata – rata lama sekolah yang saat ini sudah tercapai 58,67 persen tentunya ada peningkatan dari tahun 2018 58,58 persen.

Sedangkan untuk angka harapan lama sekolah 13 tahun saat ini sudah tercapai 90,22 persen mengalami peningkatan yang cukup tinggi dibandingak tahun 2018 yang hanya dapat mencapai 88,10 persen.

Pemerintah Kabupaten Balangan mempunyai komitmen dan sangat tinggi kepedulian pada bidang Pendidikan ini dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia ( SDM ) dengan membebaskan peserta didik dari Sekolah Taman kanak – kanak (TK ) sampai Tingkat Sekolah lanjutan pertama (SLTP ) baik Negeri maupun yang dikelola oleh pihak swasta.

Dan melalui Dinas Pendidikan mempunyai program beasiswa untuk pelajar berprestasi baik untuk melanjuktan ke Universitas dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam program SDM ini terdapat bidang Kesehatan tingkat capaian kinerja RKPD tahu 2019 rata- rata 85,47 persen dengan predikat tinggi ,realissi kenerja dan anggaran RPJMD Tahun 2019 rata – rata 44,10 persen dan tingkat capaian kinerja RPJMD 2019 rata- rata 69,45 persen dengan predikat sedang.

Dari rata – rata pencapaian kinerja masuk katagori sedang ini masih menyisakan pekerjaan rumah dipenakanan usia harapan hidup yasng berada diangka 96,74 persen tapi ada peningkatan dibandng tahun 2018 sebelum yang hanya 58,31 persen.

Sedangkan untuk penekanan angka kematian bayi per 100.000 ke;ahiran sudah baik yakni 65,06 persen,sudah mengalami penurunan dibandingkan Tahun 2018 mencapai 67,06 persen dan penekanan kematian ibu per 1000 kelahiran juga sudah membaik yakni angka 46,61 persen ada penurunan dari tahun 2018 66,67 peren.

Dan untuk penekanan pencapaian angka pengangguran terbuka 123,53 persen dengan predilate tinggi .

Untuk peningkatan SDM bidang Kesehatan Kabupaten Balangan sudah memiliki RSUD puskesmas (12) buah Puskesmas pembantu ( 21 ) buah Polides (140 ) buah dan poskesdes ada di 8 (delapan ) kecamatan di kabupaten Balangan.

Sejak 18 Desember 2017 Meluncurkan Program Universal Heaalth Coverage (UHC ) yang mendaftarkan seluruh warga dalam program jaminan Kesehatan nasional ( JKM- KIS ) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan ,per 1 januari 2018 program UHC Kabupaten Balangan merupakan Kabupaten – Kota yang pertama di kalimatan selatan melaksankan Program UHC.

Sehingga mendapatkan penghargaan dari Presiden RI terhadap pencapaian UHC jaminan Kesehatan Nasional (JKN- KIS ) dan merupakan penghargaan nasional yang menjadi motivasi kegiatan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Balangan.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis:kurnadi
Editor:wandi

Pos terkait