Lion Air Group pilih Stop Operasional

  • Whatsapp
Maskapai Lion Air yang beroperasi di Bandara Syamsudin Noor (dok)

BANJARBARU,Kalselpos.com Maskapai penerbangan swasta terbesar di Indonesia, Lion Air Group berencana akan menghentikan sementara operasional penerbangan selama 5 hari, sejak Rabu (27/5/2020) hingga Minggu (31/5/2020).

Langkah tersebut diambil oleh managemen sebagai dukungan pemerintah terkait dengan usaha pencegahan penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya

Menurut keterangan tertulis yang diterima Kalselpos.com pada tadi malam, Corporate Communication Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengungkapkan, berdasarkan evaluasi atas pelaksanaan operasional penerbangan sebelumnya.

Menurutnya, banyak calon penumpang yang tidak dapat melanjutkan perjalanan atau tidak bisa terbang dan harus kembali dengan segala biaya yang telah dikeluarkan atau kerugian.

“Hanya karena ketidaktahuan atau ketidakpahaman atas ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi untuk dapat melaksanakan perjalanan dengan pesawat udara,” tulisnya.

Lanjutnya, Lion Air Group berkesimpulan bahwa para calon penumpang masih membutuhkan sosialisasi yang lebih intensif agar lebih mengetahui dan memahami secara jelas terkait dengan ketentuan-ketentuan dan persyaratan yang dibutuhkan untuk rencana bepergian menggunakan pesawat udara.

“Calon penumpang belum sepenuhnya mengetahui dan memahami bagaimana dokumen-dokumen perjalanan dipenuhi dan dimana calon penumpang mendapatkannya.” Ujarnya.

Sehingga, pihak Lion Air Group juga harus menjaga serta memastikan kondisi kesehatan fisik dan jiwa seluruh karyawan berada dalam keadaan baik, pasca operasional sebelumnya.

Pria dengan sapaan Danang itu menerangkan, berdasarkan kondisi tersebut, Lion Air Group berkesimpulan bahwa masih dibutuhkannya waktu agar para calon penumpang lebih mengetahui dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat udara.

“Sehingga Lion Air Group memutuskan untuk melakukan sosialisasi yang lebih intensif melalui website dan kantor-kantor cabang serta menghentikan sementara operasional penerbangan selama lima hari, yaitu mulai 27 Mei sampai dengan 31 Mei 2020,” pungkasnya.

Sementara itu, Area Manager Lion Air Group Kalselteng, Agung Purnama membenarkan jika maskapai yang bernaung di bawah Lion Air Group di Indonesia yaitu Lion Air, Wings Air dan Batik Air menghentikan sementara operasionalnya selama lima hari.

“Iya, dengan begitu sementara kita belum ada penerbangan komersial sampai tanggal 31 Mei 2020. Yang ada hanya penerbangan kargo saja,” ungkapnya melalui pesan singkat, Rabu (27/5/2020) malam.

Sebelumnya, lanjut Agung, Lion Air Group menerbangkan penumpang pesawat yang disebut sebagai excemption flight yang dimulai sejak 10 Mei 2020 lalu. Namun, excemption flight ini pun cukup terbatas.

 

Baca Berita Hari Ini, Berita Terbaru Terkini | kalselpos.com | Media Terpercaya dan Terverifikasi Dewan Pers

 

“Kebetulan exemption flight ini disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu ke Jakarta dan Surabaya yang menjadi rute utamanya,” lugas Agung.

Ia mengakui, memang ada calon penumpang yang kebingungan dengan dokumen-dokumen perjalanan selama pandemi Covid-19. “Sering sih, tidak terlalu banyak di kita tapi memang ada beberapa,” singkatnya.

Kemudian, ia menjelaskan bahwa penghentian sementara itu berdampak terhadap calon penumpang, namun, tidak terlalu banyak dan masih dalam bentuk booking tiket.

“Jadi bisa kita informasikan ke calon penumpang tersebut. Karena memang sebetulnya exemption flight ini bagi kriteria penumpang berkategori khusus dan bagi penumpang yang sudah siap terbang saja dengan syarat-syarat yang telah lengkap,” tandasnya.

Penulis : Zakiri
Penanggungjawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *