Bekas Galian Tambang dimanfaatkan untuk Budidaya Ikan

Penyerahan bantaun bibit ikan bagi warga.

KOTABARU, Kalselpos.com – Perusahaan produsen semen Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Tbk Plant Tarjun, melaksanakan pelatihan budidaya ikan nila dengan Keramba Apung pada akhir Maret 2020 lalu.

Saat itu juga diberikan bantuan bibit sebanyak 12.000 ekor bagi warga untuk dibudayakan dengan memanfaatkan bekas kawasan pertambangan.

Bacaan Lainnya

“Budidaya ikan Nila ini terbukti setelah dilakukan uji coba oleh masyarakat petambak membuat keramba apung di dalam area bekas pertambangan yang ada di Desa Serongga, Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru,” ujar Instruktur pelatihan I Wayan Sudhiarta.

Dijelaskannya, kegiatan diawali dengan pelaksanaan pelatihan di Pusat Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) Indocement dan materi yang disampaikan berkaitan dengan bagaimana cara memelihara ikan nila, mulai dari pembibitan, pemilihan induk sampai kepada pemeliharaan dan panen, serta diberikan pula cara menentukan keramba atau dengan kata lain adalah persyaratan lokasi, kualitas benih yang di tabur, pakan dan kualitas air.

“Menjadi hal menarik karena media yang dipakai oleh kelompok petambak adalah areal bekas galian tambang dan itu tentunya menjadi upaya yang baik guna memanfaatkan lahan tersebut menjadi kawasan perikanan. Namun, perlu diingat juga tidak semua kawasan itu bisa di pergunakan tergantung dari topografi dan kualitas airnya, yang jelas syarat utamanya adalah pada air yang cocok untuk budidaya ikan nila,” papar Wayan.

Pada tahap awal, sambungnya, cukup bagus yang mana bibit ikan yang dipelihara dari 12.000 bibit yang di tebar hanya sekitar 5% saja tingkat kematiannya dan sisanya dapat dipertahankan sampai dengan waktu panen.

“Kita melihat tahap awal sangat bagus sekali, dan kami dari perusahaan akan terus memantau perkembangannya dalam melihat kondisinya dilapangan dan tingkat keberhasilannya tergantung dari kemauan para pelaku usahanya dan hal lainnya pasti akan menjadi perhatian agar usaha yang dijalankan dapat berhasil sesuai harapan,” jelasnya kemudian.

Salah satu petambak, Mudrikah menyatakan, mereka memilih lahan eks tambang dikarenakan dari segi pembiayaan lebih murah dengan lahan yang sudah tersedia hanya bermodalkan sedikit kayu dan batang bambu serta untuk mengawasinya tidak jauh dari areal permukiman warga sehingga memudahkan.

“Kami sangat bersyukur dengan bantuan pelatihan oleh Indocement terkait dengan budidaya ikan nila dengan sistem keramba apung serta bantuan belasan ribu bibit ikannya. Apalagi ada penjelasan tentang kawasan bekas galian tambang ternyata di wilayah kami bisa di manfaatkan dan itu menjadi angin segar bagi warga petambak,” ujarnya.

Sementara Kepala Desa Serongga, Akhyar Maulana sangat apresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh Indocement dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam memberikan pelatihan budidaya ikan nila dengan lahan bekas galian tambang.

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan

Selatan dan Nasional

“Jujur saja, Indocement telah banyak membantu dan saya kira kebijakan perusahaan dengan program CSR nya pasti sangat mendukung peningkatan perekonomian masyarakat, namun bilamana nantinya masih ada kekurangan tentu akan di sinergikan dengan program kegiatan perusahaan,” imbuhnya.

Management Indocement Tarjun, H Teguh Iman Basoeki menuturkan, perusahan masih berkomitment terus menjalankan program CSR walaupun tentunya tetap memenuhi protokol covid19 dan program ini adalah termasuk dalam CSR pillar pembangunan ekonomi dan pendidikan tahun 2020. perusahaan melaksanakan pelatihan yang bertujuan untuk memberikan ilmu dasar dalam budidaya perikanan khususnya dengan menggunakan keramba apung, sehingga masyarakat desa yang berminat dapat mengembangkan dan memanfaatkan lahan-lahan untuk budidaya ikan.

“Budidaya perikanan keramba apung menjadi alternatif tambahan dalam memberikan nilai tambah ekonomi masyarakat dan menjadi salah satu sumber ikan bagi pasar dan kebutuhan lokal,” tuturnya.

Penulis : Ardiansyah/adv
Editor : Aspihan Zain
Penanggung jawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan

Selatan dan Nasional

Pos terkait