Deargub, walkot, bup,

  • Whatsapp
Randu

Kami tahu, menjadi pemimpin itu tidak mudah. Lebih tidak mudah lagi menjadi pemimpin di saat pandemi.

Anda harus menjawab banyak pertanyaan dari orang-orang yang Anda pimpin: Bagaimana strategi menghadapi wabah ini? Akan seberapa efektif cara-cara yang dipakai? Bagaimana mengatasi dampak sosial-ekonomi dari pandemi ini? dan sebenarnya Kapan wabah ini akan berakhir?

Bacaan Lainnya

Anda mungkin akan jengkel. Karena banyak dari pertanyaan-pertanyaan itu sebenarnya adalah pertanyaan Anda sendiri. Tapi Anda tetap harus punya waktu yang cukup, hati yang tenang, kepala yang dingin untuk menjawab kegelisahan. Pandemi Covid-19 ini adalah fenomena yang belum pernah terjadi sebelumnya dan orang-orang dilanda kecemasan dan frustrasi akan kehidupan dan masa depan mereka.

Tidak mengapa jika Anda tidak tahu jawabannya, yang penting Anda tidak bersembunyi.

Di hari-hari pandemi seperti ini, kemampuan seorang pemimpin menghadapi krisis sedang diuji. Banyak yang gugur dalam ujian ini. Banyak yang mengurung diri dalam zona nyaman. Mereka menyerahkan tugas untuk berbicara kepada gugus tugas–yang kemudian mereduksi setiap tugas hanya menjadi semacam “gugus rekap data laporan rumah sakit.”

Padahal dalam situasi seperti ini, Andalah yang harus tampil. Anda tak bisa menggugurkan kewajiban Anda sebagai pemimpin dengan hanya berbicara melalui baliho. Anda tidak bisa puas dengan ilusi kepedulian pemerintah dengan memindah-mindah anggaran dan menggelar bagi sembako.

Ya, tentu saja itu penting. Relokasi anggaran dan sembako itu penting. Tapi yang lebih penting, lebih penting dari semua respons Anda, adalah menyelesaikan masalah. Anda tidak bisa menggelar meja sembako di rumah yang sedang terbakar.

Yang harus Anda lakukan adalah memadamkan api terlebih dahulu, baru menyusun meja untuk antrean sembako.

Itulah tepatnya yang dilakukan Giorgio Gori, Walikota Bergamo. Memimpin di kota yang menjadi episenter wabah Covid-19 di Eropa, politisi ini tidak lari. Dia berkantor sendiri di balaikota yang sudah kosong. Hanya mengambil tidur 2-3 jam dan selebihnya digunakan untuk berkeliling kota dengan mobil kecilnya, berbicara dengan orang-orang.

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan

Selatan dan Nasional

 

Gori memberikan penghiburan bagi warganya. Memberi mereka harapan di tengah-tengah duka. Memastikan bahwa semuanya akan diurus dengan baik. Ya, hantu Covid-19 belum berlalu, tapi semuanya merasa pemimpin mereka ada, berdiri bersama mereka, dan tidak berdiam.

Atau Anda bisa lihat Perdana Menteri wanita itu, Jacinda Ardern. Dia memandu Selandia Baru untuk keluar dari masa-masa sulit dengan pendekatan empatiknya. Saat Selandia Baru melakukan lockdown, orang-orang juga menolak. Ardern berbicara dengan mereka dengan bahasa seorang ibu: Jelas, konsisten, tulus sekaligus menenangkan.

Dia menggunakan narasi yang lebih sehat. Memperkenalkan konsep mudah seperti “Bersikap seolah kamu sudah kena Covid-19 dan tidak ingin menularkan ke orang-orang yang kamu sayangi.”

Pesan-pesan ini beresonansi pada rakyat yang dipimpinnya dalam kedalaman emosional. Warganya tak sepenuhnya mengerti mengapa kehidupan mereka harus dibatasi, tapi mereka percaya dengan Ardern.

Kepercayaan, Anda tahu, prasyarat dari penerimaan. Dari sana, optimisme untuk menyelesaikan krisis lahir.

Dear pemimpin,

Di Banua kalsel ini kami seperti tidak diberi tawaran itu. Para pemimpin tidak memberi kesempatan pada kami untuk percaya dengan konsep mereka. Mereka hanya menjalankan apa yang sudah dijalankan orang lain entah di mana, tanpa bisa menemukan argumen yang meyakinkan kenapa mereka harus menjalankannya dan kenapa kami harus melakukannya. Lebih -lebih mengkomunikasikannya dalam bahasa yang ramah.

Yang lebih buruk dari semuanya, mereka tidak memiliki kepekaan bahkan hanya untuk sekadar meniru. Alih-alih Bergamo atau Selandia Baru, yang sampai pada level mereka hanyalah India.

Itupun bukan artisnya, tapi rotannya.

Oleh : Randu

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan

Selatan dan Nasional

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.