TNI Kembali Kuasai Lapangan Terbang Agandugume

Teks foto: Prajurit Satgas Yonif 751/VJS bersama masyarakat Agandugume membersihkan lapangan terbang yang sebelumnya dikuasai OPM. (Foto: Ist/Ant/Pendam XVII Cenderawasih)(kalselpos.com)

Jayapura, kalselpos.com
Prajurit Yonif 751/VJS
telah membongkar berbagai palang di Lapangan Terbang Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua, yang sebelumnya sempat dikuasai Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Hal tersebut disampaikan
Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Chandra Kurniawan di Jayapura, Jumat (5/7) malam.

Bacaan Lainnya

“Pada Jumat (5/7), lapangan terbang tersebut telah dikuasai dan diamankan oleh TNI.
Ketika dikuasai OPM, Lapangan Terbang Agandugume sempat tidak beroperasi,” kata Kapendam.

Menurut dia, setelah TNI berhasil menguasai kembali lapangan terbang tersebut, kemudian masyarakat membantu prajurit membersihkan lapangan terbang itu dari bebatuan dan palang yang sengaja ditebarkan oleh OPM agar pesawat tidak bisa mendarat.

“Masyarakat dilaporkan ramai-ramai membersihkan landasan lapangan terbang itu dari patok-patok dan bongkahan batu yang selama ini dipasang oleh OPM,” terangnya.

Dengan dikuasai kembali Lapangan Terbang Agandugume oleh TNI maka misi kemanusiaan dapat dikerjakan, yakni membangun gudang logistik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Gudang logistik itu dibangun disebabkan hampir setiap tahun dilanda bencana kelaparan akibat cuaca ekstrem, yaitu musibah embun beku yang merusak tanaman pertanian. Dengan adanya gudang logistik diharapkan dapat membantu warga saat terjadi bencana alam embun beku sehingga tidak kelaparan.

“Selain di Agandugume, gudang logistik juga dibangun di Sinak,” sebut Kapendam.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait