Pemko Banjarmasin kembali gelar BSF ke-8 

Teks foto : Karnaval sasirangan Banjarmasin.(kalselpos.com)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Pemerintah kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Banjarmasin bakal kembali menggelar event Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-8.

 

Bacaan Lainnya

BSF kali ini mengangkat tema “Sasirangan Kuno, Kini, dan Akan Datang” dan akan dipusatkan di Siring Menara Pandang, dan di selenggarakan dari tanggal 24 hingga 30 Juni 2024 akan mendatang.

 

Plt Kadisbudporapar Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, pelaksana BSF ini dari Opening Ceremony BSF dan Expo, Pameran UMKM Sasirangan, Beauty Land X BSF, Forum Diskusi Sasirangan, Lomba Desain Motif Sasirangan, Fashion Show Sasirangan By APPMI Banjarmasin & Refleksi 3 Tahun Kepemimpinan Ibnu Sina – Ariffin Noor.

 

“Kemudian Grand Final Pemilihan Putra Putri Sasirangan, Pawai Sasirangan hingga puncaknya pada tanggal 30 Juni 2024 yaitu Clossing Ceremony BSF dan Fashion Show Sasirangan,” ujar Machli Riyadi, Jumat (20/06/24) Kepada wartawan.

 

Kegiatan yang masuk di daftar 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 oleh Kemenpar Ekraf RI itu, bakal berbeda dari tahun sebelumnya.

 

Dengan mengangkat Tema ‘The Charm of Sasirangan Natural Dye. The Way We Encourage River Sustainable’ ini, pihaknya turut mendorong pengolahan sasirangan dengan motif alami atau natural.

 

“Jadi penekanannya yaitu mendorong pelaku usaha agar kembali membumikan dan membuat sasirangan dengan pewarna alami,” ungkapnya.

 

Disisi lain, pelaksanaan BSF tahun ini kata Machli juga berbeda daripada tahun sebelumnya. Karena pihaknya berupaya melakukan efisiensi anggaran, namun tetap melaksanakan kegiatan secara meriah.

 

“Kalau tahun lalu itu kita kucurlan anggaran hingga Rp1,5 miliar. Namun tahun ini kita hanya menggelontorkan dana sebesar Rp800 juta, dengan kegiatan yang banyak dan hari pelaksanaan yang lebih lama,” tandasnya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait