Shin Tae-yong jadi sosok fenomenal sepak bola Indonesia

Teks foto: Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyaksikan anak didiknya berlatih jelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (9/6/2024). (Foto: Istimewa/Ant)(kalselpos.com)

kalselpos.com – Sejak menjadi pelatih

Timnas Indonesia pada 2021 lalu, dilansir dari berbagai sumber, Shin Tae-yong menjadi sosok fenomenal dalam dunia sepak bola Indonesia.

Bacaan Lainnya

 

Shin asal Korea Selatan itu dikenal sebagai pelatih yang berani membawa pemain muda, seperti di Piala AFF 2020 lalu, di mana pasukan senior yang dibawa saat itu diisi oleh rata-rata pemain berusia di bawah 25 tahun.

 

Hasilnya pun cukup positif, Timnas Indonesia mampu melangkah ke final dengan komposisi tersebut.

 

Selanjutnya, Shin sebagai juru taktik sukses memberikan kejutan di level Asia. Dia berhasil untuk pertama kalinya menggotong Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah hampir 16 tahun lalu.

 

Catatan rekor lainnya kembali diukir Shin saat mentas di turnamen tersebut. Timnas Indonesia lagi-lagi untuk pertama kali mampu melenggang hingga babak 16 besar Piala Asia 2023.

 

Kali ini prestasi Shin diprediksi bakal bertambah. Dia disebut bakal menjadi pelatih pertama yang berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 jika berhasil mengalahkan Filipina nantinya.

 

Selain itu, dia juga bakal menjadi pelatih pertama yang mengamankan tempat untuk Tim Merah Putih di putaran final Piala Asia 2027 tanpa jalur kualifikasi. Potensi itu pun turut sukses mencuri perhatian AFC.

 

Duduk di posisi kedua unggul satu poin dari Vietnam, Shin Tae-yong berpeluang menjadi pelatih kepala pertama yang membawa Indonesia ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia FIFA selain mengamankan tempat di Piala Asia Arab Saudi 2027 Final.

 

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan melakoni laga akhir babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina besok, Selasa 11 Juni 2024. Pertandingan itu bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) mulai pukul 19.30 WIB.

 

Tim Merah Putih wajib menang jika tidak ingin terancam gugur. Sebab, saat ini mereka dipepet Vietnam yang berjuang menggusur posisi Timnas Indonesia sebagai runner up Grup F untuk melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

 

Menjelang pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina yang akan dimainkan pada Selasa (11/6) besok, Shin meminta publik sepak bola Indonesia memberi kepercayaan kepada kemampuan tim asuhannya.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait