Wakil Ketua DPRD Tanbu Pimpim Rapat Paripurna Penyampaian 3 Raperda

Teks foto: Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu Said Ismail Kholil Alaydrus memimpin Rapat Paripurna penyampaian tiga Raperda yang dihadiri Bupati Tanah Bumbu melalui Asisten Bidang Pemerintahan H. Eka Safrudin, Senin (06/05). (Ist)(kalselpos.com)

BATULICIN, kalselpos.com

Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu (Tanbu) Said Ismail Kholil Alaydrus memimpin Rapat Paripurna penyampaian 3 buah rancangan peraturan daerah (Raperda), Senin (06/05/2024).

Bacaan Lainnya

 

Bupati Tanbu hadir diwakili Asisten Bidang Pemerintahan H. Eka Safrudin serta dihadiri sejumlah pejabat jajaran Pemkab Tanbu dan perwakilan Forkopimda setempat.

 

Adapun ketiga Raperda itu adalah Raperda Pemberian Bantuan Keuangan Partai Politik (Parpol), Raperda Keolahragaan dan Raperda Pembentukan Kecamatan Pangeran dan Kecamatan Satui Barat.

 

Eka Safrudin dalam uraiannya menyebutkan hal prioritas tiga Raperda tersebut, yakni Raperda tentang Pemberian Bantuan Keuangan Parpol.

 

Parpol merupakan kedaulatan rakyat dan juga aset Negara, serta merupakan wadah guna menampung aspirasi rakyat

 

Dalam mengembangkan kehidupan demokrasi dan dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

 

Untuk itu lanjutnya, guna mendukung kehidupan berdemokrasi, pemerintah perlu memberikan bantuan keuangan kepada Parpol yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat dan kesadaran berpolitik masyarkat, serta untuk membantu kelancaran administrasi Sekretariat Parpol.

 

Bantuan yang diberikan melalui APBD ini diharapkan dapat di manfaatkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

“Bantuan keuangan yang diberikan Parpol wajib melaporkan penerimaan dan pengeluaran keuangan yang bersumber dari APBD di sampaikan paling lambat 1 bulan setelah di lakukan pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan,” terangnya.

 

Selanjutnya tentang regulasi dan tata cara pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan yang diberikan oleh pemerintah pada Raperda tentang Keolahragaan.

 

Menurutnya, penyelenggaraan keolahragaan ini dapat di laksanakan terarah dengan tujuan meningkatkan kualitas manusia dan membina serta memperkuat persatuan dan kesatuaan melalui pembinaan olahraga.

 

Dalam rangka menjamin penyelenggaraan keolahragaan yang mudah diakses memberikan apresiasi terhadap prestasi keolahrgaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanbu.

 

“Untuk itu, maka di perlukan adanya Peraturan Daerah yang memberikan kewenangan kepada Pemerintah Daerah dalam menjalankan kewenangannya untuk melaksanakan manajemen keolahragaan secara terpadu, sistematis, berkelanjutan dan bertanggungjawab,” paparnya.

 

Kemudian Raperda Tentang Pembentukan Kecamatan Pangeran dan Kecamatan Satui Barat

 

Dalam rangka optimalisasi pemerintahan, pembangunan pelayanan masyarakat Pemda memiliki wewenang mengatur urusan pemerintahan secara efektif dan efisien.

 

Untuk mempermudah pelayanan administratif, memperpendek birokrasi, pemerataan pembangunan, memudahkan jangkauan pelayanan kepada masyarakat.

 

Koordinasi bagi masyarakat dengan pemerintah kecamatan dengan memperhatikan perkembangan kemampuan potensi wilayah.

 

Kondisi sosial budaya, jumlah penduduk, luas wilayah dan pertimbangan lainnya, di pandang perlu membentuk kecamatan-kecamatan baru.

 

”Saya berharap Raperda ini dapat disetujui, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang  Pemerintahan Pembangunan, Kemasyarakatan dan memperpendek rentang kendali  pemerintahan, serta meningkatkan efisiensi pemerintahan,” pungkasnya.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait