Dewan dukung rencana pembangunan Posko Damkar

Teks : Faisal Hariyadi (kalselpos.com)

BANJARMASIN,kalselpos.com – Rencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banjarmasin untuk membangun Posko Damkar (Pemadam Kebakaran) di tiap kecamatan bakal bakal terwujud. Dari lima kecamatan, satu kecamatan sudah menyatakan kesediaan.

Kecamatan yang sudah siap adalah Banjarmasin Selatan. Sebab kantor kecamatan di Jalan Tembus Mantuil itu memiliki lahan yang cukup luas dan masih cukup untuk membangun posko Damkar.

Bacaan Lainnya

Rencana tersebut mendapat dukungan dari Ketua Komisi I DPRD Banjarmasin, Faisal Hariyadi.

Namun, ingatnya, rencana ataupun realisasi Posko Damkar itu harus diiringi dengan action atau aksi di lapangan.

Menurutnya, posko itu bisa menjadi wadah bersama antara BPK dan Damkar Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin untuk berkolaborasi.

“Di sini juga dibutuhkan dukungan budgeting dari dewan,” sebut Faisal.

Sementara itu, Kepala DPKP Banjarmasin Hendro mengatakan, dengan dibangunnya Posko Damkar di tiap kecamatan ini, merupakan strategi untuk percepatan penanganan kebakaran. Serta memangkas jarak tempuh ke lokasi kebakaran.

“Waktu respon petugas akan lebih cepat untuk bisa cepat memadamkan. Relawan Damkar swasta juga akan direkrut,” jelasnya.

Sementara kata dia, terkait kecamatan lainnya masih terkendala lahan. Memang lokasinya tidak harus di kantor kecamatan, namun status lahannya harus tetap milik Pemko.

“Kecamatan Banjarmasin Utara sebenarnya punya lahan di dekat Gedung Taekwondo, tapi lokasinya berdekatan dengan lampu merah, sehingga tidak bisa,” jelasnya.

Posko di Banjarmasin Selatan ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi kecamatan lainnya.

“Kita ingin seluruh kecamatan punya Posko Damkar, sama seperti di Surabaya,” tukasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait