Babinsa 1001-07 bersama Warga Bangun Tanggul Darurat

Teks foto: Babinsa bersama warga Desa Teluk Sarikat, Kecamatan Banjang gotong-royong buat tanggul antisipasi luapan sungai. (pendim)

Amuntai, kalselpos.com – Tinggi curah hujam dalam sepekan tadi di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dan sekitarnya, mengakibatkan meluapnya sungai dan banjir di beberapa titik di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Salah satu desa terdampak, ialah Desa Teluk Sarikat, RT 3, Kecamatan Banjang yang berada di lingkup Koramil 1001-07 Amuntai Tengah.

Warga bersama anggota Babinsa 07 bergotong royong membuat tanggul, untuk mengurangi luapan arus sungai, yang meninggi akibat hujan deras dan kenaikan debit air tersebut, Selasa (16/01/2024)

Bacaan Lainnya

Babinsa 1001-07 Amuntai Tengah, Sertu Mukmin menjelaskan, sebagai upaya untuk menghentikan luapan air sungai tersebut, anggota Koramil 1001-07 Amuntai Tengah bersama warga bergotong royong memperbaiki tanggul menggunakan karung berisi pasir, kayu penahan dan tanah “Kita antisipasi, dengan menutup aliran air yang meluap, untuk mengurangi air yang akan masuk ke rumah warga,” katanya.

Arifin salah satu warga, mengaku mengapresiasi atas kehadiran Babinsa, terlebih bersama dengan masyarakat, kompak melakukan gotong royong membuat tanggul darurat. Dengan gotong royong, pekerjaan yang berat dan sulit akan terasa ringan dan cepat selesai.

Sementara, Dandim 1001 HSU-Balangan Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja, mengatakan, bakti gotong royong tersebut merupakan salah satu peran aktif Babinsa sebagai ujung tombak satuan teritorial dalam membantu setiap kesulitan masyarakat di wilayah binaannya.

“Apalagi saat ini di wilayah teritorialnya terjadi berbagai bencana alam diantaranya banjir, angin kencang, sehingga seluruh Babinsa diperintahkan lebih aktif memantau wilayah binaan masing-masing,” sampainya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait