Kejari HSU Sosialisasikan Rumah RJ di Desa Datu Kuning

Teks foto Kasi Pidum Widha Prayogi sosialisasikan Restorative Justice ke masyarakat. (ist)

Amuntai, kalselpos.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Hulu Sungai Utara (HSU) memberikan sosialisasi pemahaman Rumah Restorative Justice (RJ) kepada masyarakat di desa.

Ada tiga desa yang mengikuti sosialisasi Rumah RJ ini. Dipimpin dan sekaligus sebagai narasumber, Kasi Pidum Kejari HSU M. Widha Prayogi Saputra, didampingi jaksa fungsional Pidum, TU Agung, dan unsur PNS dari Dinas Perikanan HSU, Rabu (25/10).

Bacaan Lainnya

Masyarakat yang hadir merupakan dari tiga desa di Kecamatan Amuntai Tengah, yakni Desa Datu Kuning, Pinang Habang, dan Danau Cermin yang diikuti masing-masing kepala desa, bersama dengan warganya di Desa Datu Kuning.

Kepala Kejaksaan Negeri HSU melalui Kasi Pidum setempat, Widha Prayogi mengatakan, sosialisasi Rumah RJ atau disebutkan Wadah Badamai ini, merupakan langkah Kejari HSU untuk mengenalkan, tentang Rumah RJ ke masyarakat.

“Kita jelaskan, bahwa sekarang tidak semua persoalan hukum harus sampai ke meja hijau (persidangan), ada terobosan yang dikeluarkan oleh pimpinan kami, tetapi untuk mendapatkan Restorative Justice (RJ) ini memiliki persyaratan khusus yang harus terpenuhi. Melalui sosialisasi ini, kami sampaikan hal-hal tersebut,” katanya.

Sosialisasi juga disampaikan, terkait persoalan hukum tindak pidana perikanan, dengan tujuan masyarakat setempat memahami tentang, peraturan tindak pidana perikanan.

Melalui sosialisasi Rumah RJ tersebut, Kasi Pidum berharap masyarakat tidak takut dengan jaksa, karena jaksa sebagai pengayom masyarakat.

“Jaksa itu, membantu agar program-program yang telah dicanangkan oleh desa dapat berjalan sesuai aturan yang ada,” tuntasnya.

Sosialisasi juga diisi dengan tanya jawab dari masyarakat yang berhadir.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait