Kesulitan Padamkan Karhutla, BPBD Kalsel Harapkan Bantuan Helikopter Water Bombing

Teks foto: Ilustrasi - Helikopter Water Bombing.(ist)

Banjarmasin, kalselpos.com– BPBD Kalsel dan tim gabungan mengalami kesulitan dalam melakukan pemadaman kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Kami kesulitan memadamkan api yang sulit dijangkau misalnya jauh di dalam hutan,” ujar Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel, Bambang Dedi Mulyadi kepada Kalsel Pos, Kamis (29/6) kemarin.

Bacaan Lainnya

Karena itulah, beber Bambang, BPBD Kalsel sangat mengharapkan bantuan helikopter Water Bombing dari BNPB untuk membantu memadamkan Karhutla dari udara. “Kami sudah mengusulkan bantuan Helikopter Water Bombing sebanyak 8 buah dan dua helikopter patroli. Info terbaru, helikopter akan tiba di Kalsel pada awal Juli 2023,” terangnya.

Saat ini, ungkap Bambang, helikopter Water Bombing sedang fokus membantu memadamkan Karhutla di Pulau Sumatra terutama di Provinsi Riau.

Saat ini, ungkap Bambang, BPBD Kalsel bersama tim gabungan sedang fokus melakukan pemantauan dan bersiaga 24 jam secara bergiliran di wilayah ring satu Bandara Internasional Syamsuddin Noor yang meliputi Liang Anggang, Bati – Bati, Gubernur Syarkawi dan Gambut. Di daerah tersebut juga telah didirikan Posko Karhutla.

“Kami terus pantau wilayah itu. Kalau ada kebakaran lahan, langsung kami keroyok dan padamkan. Ini sesui instruksi Gubernur Paman Birin,” cetusnya.

Bambang menyebut, untuk pemadaman api di wilayah Liang Anggang kadang mengalami kendala karena akses ke lokasi yang lumayan sulit. “Yang kami utamakan tentu saja bagaimana mengkanal api agar tidak sampai ke permukiman warga,” ujarnya.

Dari 13 kabupaten kota se Kalsel, rinci Bambang, Kota Banjarbaru adalah daerah yang paling banyak kasus kebakaran lahan yakni 54 kali, sedangkan posisi kedua Kabupaten Tanah laut dengan 31 kejadian.

“Data dari Pusdalops, sampai 28 Juni 2023, jumlah lahan yang terbakar seluas 186 hektar. Sedangkan hutan yang terbakar seluas 19,2 hektar,” tukasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait