Bertanam Sawit di Kawasan Hutan Tanpa Izin, Warga Usih Diamankan Polisi

Polisi memasang police line di kawasan hutan yang ditanami warga pohon sawit.(ist)

Tanjung, kalselpos.com– Satreskrim Polres Tabalong yang dipimpin oleh Iptu Galih Putra Wiratama, S.Tr.K, S.I.K mengamankan seorang pria berinisial AW (58) warga Desa Usih Kecamatan Bintang Ara Tabalong pada Senin (03/03) malam dikediamannya.

Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian, S.I.K, M.H melalui PS. Kasi Humas Polres Tabalong Iptu Sutargo, S.H, M.M membenarkan perihal diamankannya pelaku AW terkait dugaan orang perseorangan yang dengan sengaja melakukan kegiatan perkebunan didalam kawasan hutan tanpa perizinan.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan perkebunan di area kawasan hutan yang dilakukan orang perseorangan yang dengan sengaja melakukan perkebunan didalam kawasan hutan tanpa perizinan berusaha yang dilakukan di Desa Bintang Ara kecamatan Bintang Ara.Tabalong tersebut diketahui oleh masyarakat pada Rabu 16 November 2022 lalu yang kemudian dilaporkan kepada Polisi pada Kamis 01 Desember 2022 pagi,” ungkap Sutargo.

Disampaikannya, polisi kemudian melakukan pengecekan ke lokasi tersebut dan ditemukan kegiatan perkebunan berupa tanam tumbuh pohon kelapa sawit diatas lahan dengan luas sekitar 3 hektare yang dilakukan pelaku, dengan jumlah pohon yang ditanam sekitar 300 pohon.

“Kemudian dilakukan penentuan titik koordinat pada lokasi kegiatan perkebunan oleh KPH Tabalong yang setelah di overlay ke dalam peta diketahui bahwa lokasi kegiatan tersebut masuk dalam area kawasan hutan,” jelasnya.

Diungkapkannya, saat ini pelaku sudah diamankan di Polres Tabalong untuk proses hukum lebih lanjut.

“Dari tangan pelakuturut disita barang bukti berupa 1 unit mobil jenis Double Cabin warna putih, 1 buah Linggis, 1 buah Parang, 1 buah Cangkul dan berita acara pengambilan kordinat lahan dan hasil pengukuran oleh dinas kehutanan” pungkasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait