Kecamatan Kusan Hulu Gali Potensi Desa untuk Ksejahteraan Masyarakat

Kasi Pemerintahan Kecamatan Kusan Hulu, Joko Sundoro.(Foto: Istimewa)Kristiawan.kalselpos.com

Batulicin, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Kecamatan Kusan Hulu, terus menggali potensi yang dimiliki desa untuk mensejahterakan masyarakat.

“Saat ini pemerintah Kecamatan Kusan Hulu tengah gencar-gencarnya melaksanakan pendataan dan pengumpulan informasi, seperti potensi desa, maupun informasi potensi timbulnya ancaman dan tantangan yang dihadapi desa,” kata Camat Kusan Hulu Herlambang melalui Kasi Pemerintahan, Joko Sundoro kepada kalselpos.com, Minggu (28/9) melalui pesan singkatnya.

Bacaan Lainnya

Disebutkan potensi desa itu seperti ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, olahraga dan hiburan, angkutan, komunikasi dan informasi, ekonomi, keamanan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat.

“Sedangkan informasi ancaman dan tantangan meliputi bencana alam, pencemaran lingkungan, permasalahan sosial dan kesehatan di masyarakat, maupun gangguan keamanan yang terjadi di desa,” terangnya.

Joko menjelaskan pihaknya sudah melakukan pendataan di 11 desa yang ada di Kecamatan Kusan Hulu yang tidak hanya pendataan secara statistik, tetapi melihat langsung dan mendokumentasikan koordinat potensi yang tersedia di desa.

Adapun beberapa potensi desa yang sudah dikenal masyarakat luas antara lain situs wisata religi Makam Habib Mancung di Desa Pacakan, dan Makam Tuan Guru KH Zakariya di Desa Bakarangan Kecamatan Kusan Hulu.

Untuk kegiatan haul yang Mulia Al-Arif Billah Tuan Surgi Habib Muhammad bin Habib Ali Al Idrus atau yang dikenal dengan sebutan Habib Mancung, maupun Haul Tuan Guru KH Zakaria bin H Muhammad ini selalu dihadiri ribuan jemaah yang datang dari berbagai daerah bahkan ada yang datang dari pulau Jawa.

Joko menambahkan selain wisata religi tersebut ada pula potensi sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan tambak, perikanan tangkap di bantaran Sungai Kusan, dan juga terdapat potensi alam berupa bahan galian golongan C antara lain pasir dan batu (sirtu), serta batu pondasi.

“Jika semua potensi yang ada dapat dikelola dengan profesional dan mendapat dukungan semua pihak, tentu dapat mengangkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Kusan Hulu,” tukasnya.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait