DPRD Kota Banjarbaru Terus Matangkan Regulasi

Ketua Badan Pembuatan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Banjarbaru Windi Novianto.(ist) fahmi de musfa (kalselpos.com)

Banjarbaru, kalselpos.com – Fungsi legislasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) salah satunya adalah membentuk Peraturan Daerah (Perda).

Pembentukan produk hukum ini tentu saja harus menjalin kerja sama intens dan berkolaborasi bersama eksekutif.

Bacaan Lainnya

 

Di Kota Banjarbaru misalnya, hingga pertengahan tahun 2022 ini, DPRD Kota Banjarbaru berhasil merampungkan enam buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

 

“Sampai dengan saat ini sudah ada enam produk hukum yang DPRD Kota Banjarbaru hasilkan,” ucap Ketua Badan Pembuatan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Banjarbaru Windi Novianto.

Enam Perda tersebut meliputi Perda Pertanggungjawaban APBD 2021 (akumulatif), Perda Retribusi Persampahan, Perda SPBE, Perda Pengelolaan Keuangan Daerah, Perda Bangunan Gedung, dan Perda Penyelenggaran Perijinan Daerah.

Sedangkan untuk Raperda yang sedang dibahas ada dua yakni Raperda RTRW dan Raperda Penyelenggaran Fasilitas Pesantren. Lebih lanjut, nanti di akhir bulan Agustus DPRD Banjarbaru bakal menyampaikan tiga Raperda sekaligus.

“Akhir Agustus ada tiga Raperda yang nantinya akan kita sampaikan. Tiga Raperda tersebut meliputi Raperda Kampung Wisata, Raperda Ekonomi Kreatif, dan Raperda Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan,” jelas Windi.

Selain penyampaian Raperda, nantinya juga ada dua Raperda yang bakal disahkan seperti Raperda Pernyertaan Modal Bank Kalsel dan Raperda Dana Cadangan Pilkada 2024.

 

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait