Siswi SMAN 2 Sampit Terpilih Mengikuti Pertukaran Pelajar Internasional

Vania Putri Arfanda bersama ibu dan gurunya saat bersilaturahmi dengan Bupati Kotim Halikinnor, Rabu (20/7).(Foto: Istimewa)Ruslan AG(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com – Seorang siswi SMAN 2 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Vania Putri Arfanda Kurnia terpilih menjadi salah satu dari 70 peserta pertukaran pelajar internasional. Vania rencananya akan bertolak ke Amerika Serikat pada 7 Agustus nanti.

Bupati Kotim Halikinnor mengaku bangga dan sangat mengapresiasi capaian ini. Dia mendukung dan mendoakan agar Vania bisa menjalankan kegiatan-kegiatan itu dengan baik dan lancar.

Bacaan Lainnya

“Saya selaku kepala daerah mengucapkan selamat untuk ananda Vania yang luar biasa dia terpilih dari lebih 36.000 peserta yang mengikuti seleksi untuk pertukaran pelajar internasional ke California,” kata Halikinnor di Sampit, Rabu (20/7/2022).

Menurutnya, capaian ini juga menjadi kebanggaan bagi pemerintah daerah. Dia berharap akan ada lagi putra dan putri daerah ini yang mampu menorehkan prestasi hingga ke tingkat internasional.

Terpilih menjadi peserta pertukaran pelajar internasional bukanlah hal mudah. Untuk itu dia sangat bangga atas perjuangan dan capaian Vania hingga terpilih menjadi salah satu peserta program tersebut.

“Saya juga mengapresiasi kedua orang tua Vania karena tidak mudah mendidik anak sampai lolos seleksi dengan banyaknya peserta yang mengikuti seleksi program pertukaran pelajar internasional itu. Bayangkan, ada 36.000 pendaftar dan dia menjadi salah satu dari 70 orang yang terpilih,” ujar Halikinnor.

Sementara itu, Vania bersama guru serta orangtuanya bersilaturahim kepada bupati sekaligus menyampaikan rencana keberangkatan siswi yang menjabat Ketua OSIS SMAN 2 Sampit itu.

Vania Putri Arfanda Kurnia, siswi Kelas 3 SMAN 2 Sampit kelahiran Boyolali 22 Maret 2005, merupakan anak pasangan Arie Kurnia dan Siti Fathonah Purnaningsih. Ibunya sudah dikenal masyarakat karena menjabat Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotim.

Dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Vania merupakan satu dari empat siswi yang terpilih mengikuti program tersebut. Sedangkan secara nasional, ada 70 orang yang terpilih.

Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) Program adalah program beasiswa penuh yang diberikan oleh U.S. Department of State kepada siswa SMA atau sederajat. Program ini bertujuan menjembatani pemahaman dan saling pengertian antara masyarakat negara-negara dengan populasi Muslim yang signifikan dengan masyarakat Amerika Serikat.

Program YES memberikan kesempatan untuk siswa yang aktif dan berprestasi, baik dalam bidang akademik maupun nonakademik, untuk mengikuti program ini.

Lama program ini rencananya 10 bulan belajar di American Highschool yaitu Weathland Union Highschool di Plumas Lake, California, Amerika Serikat. Peserta sudah menyelesaikan pembuatan visa pada 16 Juli lalu di Jakarta dan rencananya diberangkatkan ke Amerika Serikat pada 7 Agustus 2022.

Vania tidak menyangka bisa lulus karena jumlah pesertanya sangat banyak. Dia mengikuti seleksi melalui Banjarmasin Kalimantan Selatan karena belum ada di Kalimantan Tengah.

Selain dihadapkan pada banyaknya persyaratan, Vania juga sempat mendapat kendala karena mengalami kecelakaan. Untungnya semua bisa dilaluinya dengan baik, hingga berhasil terpilih menjadi salah satu peserta.

“Saya ingin orang luar negeri tidak hanya tahu Bali, tetapi mengetahui Indonesia secara luas, termasuk ada Kalimantan Tengah dan Kotawaringin Timur di sana. Kami akan memperkenalkan berbagai potensi wisata, budaya dan lainnya tentang negeri ini,” pungkas Vania.

 

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait