Sinergi KUMHAM dengan BIN Kalsel, Ratusan Warga Binaan Lapas Banjarbaru Terima Vaksin

Warga Binaan Lapas Kelas IIB Banjarbaru menerima suntikan vaksinasi.Jaelani Hasan(kalselpos.com)

Banjarbaru, kalselpos.com – Sebanyak 218 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan, mendapatkan vaksinasi dosis ke-2 dan ke-3 (booster) Covid-19 yang diselenggarakan bekerja sama dengan Badan Intelejen Negara (BIN), Kamis (30/6/22).

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Lapas tersebut diharapkan dapat memberikan kekebalan imunitas bagi warga binaan Lapas Banjarbaru. Serta menjadi langkah nyata dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di Lapas Banjarbaru.

Bacaan Lainnya

Kepala Lapas Banjarbaru, Amico Balalembang mengungkapkan bahwa kegiatan vaksinasi booster merupakan ikhtiar untuk memberikan perlindungan dari dalam agar terlindung dari Covid-19.

“Pemberian vaksin ini untuk warga binaan, wujud nyata kita dalam melaksanakan pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di Lapas, yang terus dan tidak henti-hentinya kita lakukan. Dengan adanya vasinasi ini, diharapkan memberikan kekebalan alami dari dalam tubuh, juga pengembalian imunitas, dan memberi kekebalan lanjutan,” terangnya.

Disamping itu, beliau berpesan agar seluruh warga binaan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam berkegiatan sehari-hari.

“Saya tetap mengingatkan, meskipun sudah mendapatkan vaksin, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Jadi dengan adanya booster ini, mengurangi kekhawatiran itu, ditambah kedisiplinan warga binaan yang harus rajin mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker saat berinteraksi satu sama lain,” lanjut orang nomor satu di Lapas Banjarbaru ini menambahkan.

Satu persatu warga binaan Lapas Banjarbaru yang akan mengikuti vaksinasi terlebih dahulu mengisi lembar skrining yang disediakan, kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan dasar, mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, tekanan darah, kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang muncul pasca vaksinasi dosis pertama dan kedua. Jika hasil pemeriksaan dinyatakan sehat, kemudian menerima vaksinasi booster yang dilakukan oleh petugas dan diakhiri dengan observasi.

Berdasarkan pemeriksaan, sekitar 40 warga binaan harus ditunda vaksinasinya karena alasan medis. Mereka diagendakan untuk menerima vaksin di kesempatan selanjutnya.

Sementara itu, Koordinator BIN Banjarbaru, Satrio Bayu Pratama mengatakan, kegiatan vaksinasi ini merupakan agenda ke 3 kali yang dilaksanakan di Lapas.

“Sesuai perintah presiden, kita sedang berada di masa transisi dari pandemi menuju endemi sehingga kita menyisir kembali, untuk memenuhi target 80 persen capaian vaksinasi di masyarakat, hingga terbentuk herd imuniti,” ucap Bayu.

Terlaksananya kegiatan vaksinasi booster bagi warga binaan Lapas Banjarbaru kali ini, tidak lepas dari peran aktif dan sinergi yang baik antara Lapas Kelas IIB Banjarbaru dan BIN Kalsel, dengan melibatkan Dinkes Banjarbaru. Kegiatan vaksinasi berjalan dengan lancar, aman dan sukses, tanpa adanya kendala berarti.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait