Otoritas Pelabuhan Kotabaru-Batulicin Pastikan Jasa Armada Standar Pelayaran

Salah satu KM milik DLU sebelum berlabuh di Pelabuhan Batulicin. (kristiawan) (kalselpos.com)

Batulicin, kalselpos.com – Kementrian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas lll Kotabaru-Batulicin pastikan pemenuhan standar kelaiklautan kapal dalam rangka kesiapan angkutan laut jelang Lebaran/Hari Raya Idul Fitri 2022/1443 Hijriah.

KSOP Kotabaru-Batulicin saat menggelar Rakor bersama stakeholder di Batulicin, Kamis kemarin.(kristiawan)(kalselpos.com)

Dasar dari semua itu, terang Kepala KSOP Kotabaru-Batulicin Agus Sularto, MM pada rakor bersama stakeholder pada Kamis, 14 April 2022 kemarin di Batulicin, adalah sesuai dengan Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor: IR – DJPL. I Tahun 2022 terkait dengan kelaiklautan kapal penumpang angkutan lebaran 2022.

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, dalam rangka peningkatan keselamatan pelayaran, supaya seluruh armada yang ada di wilayah kerja pelabuhan Kotabaru dan Batulicin keadaan layak layar.

“Tentunya perlu memastikan kondisi keselamatan pelayaran dan meningkatkan layanan jasa bagi masyarakat setempat khusus para pengguna moda transportasi laut. Sehingga para penumpang selama berlayar terjamin keselamatannya,” terang Kepala KSOP Kotabaru – Batulicin.

Jumat (15/4) Kepala Cabang (Kacang) PT Dharma Lautan Utama (DLU) Batulicin, Jamirin kepada kalselpos.com mengatakan, bahwasanya pihaknya sudah mengikuti arahan dan aturan yang berlaku.

“Kami telah mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan armada kapal lebaran supaya bisa berjalan secara maksimal, terutama kebutuhan logistik nasional seperti beras, sayur mayur dan lainnya,: ujarnya.

Begitu juga dengan operasional diberbagai aspek seperti keamanan, kenyamanan dan kesehatan bagi para konsumen. “Bahkan kami pun mengajak para pemudik untuk lebih awal dan kami terapkan tarif progresif atau tarif lebih murah,” kata Jamirin.

Dia menjelaskan, untuk DLU sendiri menyediakan armada kapal Dharma Ferry lll dengan kapasitas penumpang sebanyak 600 orang dan penumpang kendaraan sebanyak 30 unit campuran.

Dalam satu Minggu kapal tersebut, berlayar dengan tujuan Pare-Pare sebanyak 2 kali dan ke Makassar 1 kali dan sebaliknya dengan jadwal pemberangkatan dari Batulicin setiap pukul 06.00 Wita.

Kemudian untuk jurusan Surabaya dialihkan dari pelabuhan Banjarmasin dengan jadwal pemberangkatan dan kedatangan setiap hari, Kapal yang beroperasi KM Dharma Kartika 9 dan KM Dharma Ruci 1 dan sistem transaksi sudah menggunakan sistem online.

Terpisah, hal senada disampaikan Kacab PELNI Batulicin, Sudjito, bahwa standar pelayanan dan pengaman menjadi skala prioritas terlebih pada paska lebaran 2022 ini.

Pelni Batulicin, dalam satu bulan ada dua kali pelayaran. Dengan rute tujuan Surabaya 2 minggu sekali, begitu juga rute tujuan Pare-Pare (Sulsel) 2 minggu sekali.

“Sedangkan kapal yang beroperasi adalah KM Egon dan KM Wilis, pola transaksinya pun sudah bisa mengunakan online,” jelas Kacab Pelni Batulicin.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait