Diskominfo Tanbu sosialisasikan pembentukan KIM di Kecamatan Simpang Empat

sosialisasi pembentukan KIM di Kecamatan Simpang Empat.(Foto: Istimewa)Kristiawan(kalselpos.com

Batulicin, kalselpos.com – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) menggelar sosialisasi pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Sosialisasi dilaksanakan di Kecamatan Simpang Empat, Kamis (31/03/2022) dihadiri para pegiat Media Sosial di daerah setempat, seperti Sabarataan Satu Keluarga (SSK), dan Forum Persahabatan Dalam Perbedaan (FPDP).

Bacaan Lainnya

Kepala Diskominfo SP Tanbu Ardiansyah, S.Sos., MM yang diwakili Kabid IKP Nadiharnadi secara langsung membuka sosialisasi pembentukan KIM tersebut.

Ia mengatakan, KIM adalah sebuah lembaga layanan publik dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi serta pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan kebutuhanya.

Kelompok yang terbentuk atas inisiatif masyarakat ini melaksanakan kegiatannya sebagai agen perubahan di tengah masyarakat.

Dijelaskan Nadi, untuk membentuk KIM anggotanya terdiri dari 3 sampai 30 orang laki-laki/perempuan. Terdiri dari remaja, dewasa, dan orang tua. Baik dari kalangan pelajar/mahasiswa, pedagang, petani, nelayan, dll.

Masyarakat yang membentuk kelompok informasi tersebut untuk mengatasi persoalan bersama melalui akses dan pemberdayaan informasi.

Dengan keberadaan KIM di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Tanbu diharapkan menjadi jembatan komunikasi, penyambung lidah antara pemerintah daerah dan masyarakat.

Diharapkan pula, dapat berkembang dengan dukungan pemerintah daerah untuk peningkatan kapasitas SDM yang dapat berperan serta berkontribusi besar terhadap keberhasilan program dan kebijakan pemerintah daerah demi menciptakan masyarakat yang cerdas mengelola informasi.

“Keberadaan KIM di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat berguna mengatasi persoalan yang tengah dihadapi dengan berbagai informasi yang didapatkan. KIM juga sebagai sarana berbagi informasi sesama anggota KIM, dan juga sarana sharing dengan masyarakat sehingga keberadaan KIM mampu mengatasi persoalan yang dihadapi masyarakat Tanah Bumbu di masing-masing wilayah tempat tinggal,” tuturnya.

Dalam sosialisasi tersebut, disampaikan dasar pembentukan KIM, visi misi KIM, alur pembentukan, hubungan kelembagaan, dan lainnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait