Meningkatkan Hasil Pertanian, 30 Kelompok Tani Dapat Bantuan Alsintan

MENYERAHKAN- Bupati HSS Achmad Fikry menyerahkan bantuan Alsintan kepada kelompok tani.(Kominfo) (kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com – Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memberikan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada 30 kelompok tani yang tersebar di 11 Kecamatan, Rabu(29/12) .

MENYERAHKAN- Wabup HSS Syamsuri Arsyad menyerahkan bantuan Alsintan kepada kelompok tani.(Kominfo)(kalselpos.com)

Bantuan Alsintan diserahkan secara simbolis oleh Bupati HSS Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, di halaman Kantor Dinas Pertanian setempat.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten HSS, Farid Nasarudin, mengatakan bantuan Alsintan diberikan kepada 30 kelompok tani se-Kabupaten HSS yang berupa hand traktor, cultivator, power these, mesin tanam padi, mesin pompa karhutla, power thesher multiguna.

“Bantuan Alsintan ini diberikan melalui APBD Kabupaten HSS, APBD Provinsi Kalsel, dan APBN tahun 2021,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry, meminta kepada kelompok tani yang menerima bantuan untuk menjaga dan merawat, sehingga bisa bertahan lama.

Selain itu, Bupati Fikry minta petani mengoptimalkan lahan-lahan yang ada irigasi pertanian sampai bisa IP2 hingga IP3, sehingga pendapatan lebih meningkat lagi. “Kalau sampai bisa menang padi IP3 akan luar biasa hasilnya,” ujar Bupati Fikry.

Kepada petani yang tinggal di wilayah pengunungan, Bupati Fikry minta tidak membuka lahan pertanian dengan membakar hutan, karena pohon-pohon akan tumbang dan tanah longsor, sehingga tidak ada lagi resapan air.

“Sekecil apapun api yang muncul di lahan-lahan atau hutan, segera dipadamkan agar jangan melebar kemana-mana,” tuturnya.

Bupati berharap, kepada kelompok tani penerima Alsintan dapat menjadi duta vaksinasi, untuk mencegah penularan Covid-19. “Semoga kelompok tadi bisa membantu pemerintah, minimal anggota kelompok tani sudah divaksin semua,” ujar Bupati Fikry.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait