Lukisan karya Pablo Picasso termahal di dunia

  • Whatsapp
Lukisan Pablo Picasso berjudul Nude, Green Leaves and Bust.(ist/net)(kalselpos.com)

kalselpos.com – Lukisan karya Pablo Picasso berjudul Nude, Green Leaves, and Bust yang dibuat pada 1932 itu sempat laku dengan harga 106,5 juta dollar di balai lelang Christie’s, New York, tahun lalu.

“Nude, Green Leaves, and Bust adalah salah satu dari serangkaian lukisan Picasso tentang kekasihnya Marie-Therese Walter, yang dibuat di Boisgeloup, Normandy, Prancis, awal 1932,” kata Nicholas Serota, direktur rumah lelang Tate seperti dikutip Reuters.

Bacaan Lainnya

Karya maestro Spanyol itu kini dipinjamkan pada galeri Tate oleh seorang kolektor pribadi dan dipamerkan di ruangan ‘Pablo Picasso’ di bagian ‘Poetry and Dream’ galeri itu.

Dan digadang-gadang sebagai lukisan termahal di dunia akan segera terjual dalam lelang yang digelar di Galery Tate Modern, London.

“Lukisan-lukisan itu dikenal luas sebagai yang terbaik dari pencapaiannya selama masa perang,” ujar Serota.

Picasso bertemu Walter pada 1927, tetapi hubungan keduanya tetap tersimpan rapat dari istri Picasso, Olga Khokhlova, seorang balerina dari Rusia.

Menurut rumah lelang Tate, sejak 1931 hingga 1932 Picasso mulai memahat dan melukis karya yang merupakan manipulasi eksplisit dan erotis dari tubuh Walter.

Meskipun Picasso lama digosipkan berselingkuh dengan Walter, Nude, Green Leaves, and Bust adalah satu dari karya yang mempertontonkan obsesi pasangan itu terhadap satu sama lain.

Sebelum terjual Mei tahun lalu, karya itu menjadi koleksi Sidney dan Frances Brody yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat, hampir selama enam dekade.

Mereka memperoleh lukisan itu pada 1951 dari Paul Rosenberg & Co, perusahaan yang berbasis di Paris dan New York.

Perusahaan ini mendapatkan lukisan itu dari Picasso sendiri pada 1936.

Selama periode itu lukisan tersebut hanya pernah satu kali dipamerkan, yakni pada 1961, bertepatan dengan peringatan ulang tahun Picasso ke-80.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.