Korban kebakaran Lapas Tangerang 1 jenazah berhasil diidentifikasi

Petugas membawa jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang di RSUD Kabupaten Tangerang, Rabu (8/9).(ist)(kalselpos.com)

kalselpos.com – Sehari setelah kebakaran, Tim Disaster Victim Investigation (DVI) Polri berhasil mengidentifikasi satu jenazah warga binaan yang tewas dalam peristiwa kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Banten, yakni atas nama Rudhi bin Ong Eng Cue.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono, Kamis (9/9) di Jakarta menjelaskan, tim DVI bekerja dengan ketelitian dan kehati-hatian untuk mengidentifikasi jenazah korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang.

Bacaan Lainnya

Langkah awal yang dilakukan adalah mengumpulkan data ante mortem (sebelum jenazah meninggal) primer dan sekunder. Data primer meliputi sidik jari, konstruksi gigi dan DNA (dari keluarga inti). Sedangkan data sekunder, berupa pakaian terakhir yang digunakan, cincin, tanda lahir, tato atau bekas luka.

Setelah data ante mortem didapatkan, dicocokkan dengan data post mortem (setelah jenazah meninggal). Proses pencocokan inilah yang memerlukan waktu, sehingga Tim DVI Polri baru berhasil mengidentifikasi satu jenazah.

“Semua bekerja melalui proses, kalau sudah benar-benar diteliti, tim yakin ini jenazah si A, baru kita rilis. Ini baru hari pertama, besok mungkin akan lebih banyak lagi teridentifikasinya,” terang Rusdi.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait