Bupati Wahid Tetapkan Perbup Penyelenggaraan SPBE

TEKEN-Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) menetapkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Penyelenggaraan SPBE di HSU. (ist)(kalselpos.com)

Amuntai,kalselpos.com – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) menetapkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Penyelenggaraan
Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik
(SPBE ) di HSU.

Hal itu tidak lepas dengan adanya Peraturan Presiden (Perpes) 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Bacaan Lainnya

Perbup yang ditandatangani Bupati HSU H. Abdul Wahid HK tertanggal 17 Agustus 2021 itu, bertujuan mendukung terlaksananya tata kelola pemerintahan yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel sejalan dengan pelaksanaan program reformasi birokrasi.

Hal ini guna peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan di HSU perlu dilakukan pengaturan mengenai SPBE secara terpadu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, H. Adi Lesmana menyampaikan, tepat pada momentum hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 ditandatanganinya Perbup SPBE di HSU, Selasa (17/8).

” Perbup SPBE di HSU resmi ditandatangani Bupati, semoga ini bermanfaat untuk masyarakat dan SKPD, ini adalah suatu keharusan menyelenggarakan SPBE ini sesuai dengan kondisi di era digital 4.0 ini,” ujarnya.

Sesuai dengan yang tertuang didalam Perbup SPBE di HSU pusat kendali atau tekhnis yang akan dikelola oleh pihak Dinas Kominfo HSU.

“Ini juga bentuk daripada kita menyikapi perpres 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, yang didalamnya juga ada mengatur penggunaan aplikasi, website dan lain sebagainya yang akan dikendalikan melalui Sistem Single Sign On (SSO). Masyarakat akan dimudahkan nantinya untuk mendapatkan semua layanan Pemerintah di HSU dengan cukup satu akun saja,” ungkap Adi.

Ia menambahkan, total 19 SKPD yang saat ini menggunakan aplikasi atau website untuk pelayanan di HSU sudah 5 SKPD yang bekerjasama untuk penerapan SPBE SSO.

Sementara ini sudah 5 dinas yang bekerjasama dan kedepannya akan menyusul SKPD yang lain dan untuk mendukung hal itu, penggunaan membangun intranet bagi internal pemerintah daerah melalui kabel fiber optik yang sudah terhubung sekitar 60% di semua SKPD yang ada.

“Dalam penerapan SPBE SSO di HSU kita menargetkan pada bulan Februari 2022 semua SKPD sudah terhubung, semoga ini berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana,” pungkasnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait