Bupati Abdul Wahid ajak Masyarakat Meningkatkan Minat Baca

  • Whatsapp
FOTOBERSAMA-Bupati HSU H Abdul Wahid berfoto Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel Hj Nurliani belum lama tadi.(ist)(kalselpos.com)

Amuntai, kalselpos.com – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid HK mengajak seluruh elemen masyarakat meningkatkan minat baca. Bukan hanya di Kabupaten HSU hal ini juga bagi seluruh masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal itu diutarakan Bupati Abdul Wahid saat berbincang pada ramah tamah dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel Hj Nurliani, awal bulan tadi.

Bacaan Lainnya

Bupati Wahid mengapresiasi langkah strategi yang dilakukan oleh Dispersip Kalsel untuk meningkatkan minat baca ini. “Semua masyarakat Kalimantan Selatan, untuk selalu meningkatkan Gemar Membaca dimanapun dan kapanpun dan memanfaatkan perpustakaan sebagai wahana mencerdaskan kehidupan bangsa dan wisata literasi keluarga,” katanya kediaman Dinasnya, Kamis (1/7) lalu.

Kedatangan kepala Dispersip Provinsi Kalsel diketahui, guna melakukan strategi merangkul stakeholder dalam rangka meningkatkan minat baca di Provinsi Kalsel. Ibu Nunung sapaan akrabnya, mengajak pemerintah Kabupaten HSU dalam hal ini Bupati HSU H Abdul Wahid HK untuk ikut serta dalam mensukseskan program ini.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan indeks pembangunan literasi serta meningkatkan minat baca di Kalimantan Selatan,” terangnya.

Menurutnya, dukungan ini dapat dilakukan melalui rekaman videonya promosi minat baca sebagai komitmen stakeholder mendukung minat baca di Kalsel terutama oleh para pimpinan daerah khususnya Bupati. Selain itu, surat komitmen peningkatan minat baca ini, Kata Nunung sesuai dengan amanah undang-undang 43 tahun 2007 tentang perpustakaan yang menjadi tanggung jawab kepala daerah.

Ka Dispersip menjelaskan, Provinsi Kalsel pada tahun 2020 memperoleh angka indeks pembangunan literasi tertinggi sepanjang -Indonesia, dengan nilai 48,7 oleh Perpusnas RI. Hal ini merupakan dukungan yang signifikan selama ini oleh Gubernur, Walikota dan Bupati di Kalsel dalam alokasi anggaran pada program kegiatan perpustakaan Kalsel.

Namun tingkat kegemaran membaca masyarakat Kalsel berada di posisi 17 dari 34 provinsi di Indonesia dengan nilai 55,85 dari hasil survei perpusnas RI tahun 2020, dari hal inilah yang melatarbelakangi kegiatan ini.

Nunung berharap, dengan adanya video pendek dan surat dukungan Bupati HSU terhadap promosi minat baca, diharapkan semakin meningkatkan indeks pembangunan literasi dan minat baca masyarakat di Kalsel dan Indonesia pada umumnya dimasa yang akan datang.

Di akhir, dengan didampingi Kadis Kominfo HSU H Adi Lesmana, Bupati Wahid membubuhkan tanda tangan nya sebagai bentuk dukungan mensukseskan program peningkatan literasi dan minat baca masyarakat di Kalsel.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.