Latihan Kesiapsiagaan Bencana, Bupati Evakuasi Korban Bencana ‎‎‎

  • Whatsapp
EVAKUASI- Bupati Kabupaten HSS Achmad Fikry bersama perwakilan forkopimdaevakuasi korban bencana banjir dalam simulasi pelatihan bencana.(Sofan)‎

Kandangan,kalselpos.com– Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry,evakuasi korban bencana banjir dalam simulasi pelatihan evakuasi korbanbencana, yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat,Selasa (27/4/2021).

“Pelatihansesuai dengan telegram Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam rangka hari kesiapsiagaan bencana 2021 untuk melaksanakan pelatihan evakuasi bencana‎ dan ujialat peringatan dini dan alat peringatan dini tradisional,” ujar KepalaPelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten HSS, Syamsudin.

Bacaan Lainnya

Menurutnya,pelatihan dilakukan fokus pada penanganan evakuasi bencana banjir, yang perludisiapkan dari sekarang jika terjadi bencana banjir.

“Jadi, dalampelatihan ini kita melakukan evakuasi korban bencana banjir. Namun kita berharaptidak terjadi lagi banjir di daerah‎,” ujarnya.

Dikatakannya,untuk di Kabupaten HSS ada memiliki Early Warning System (EWS) di Desa HuluBanyu, Kecamatan Loksado, untuk memantau kedalaman Sungai Amandit.

“EWS ini milik BPBD Provinsi Kalsel,” ujarnya.‎‎
Sementara itu, Bupati Kabupaten HSS Achmad Fikry, mengatakan peringatan hari kesiapsiagaan yang dirangkai dengan ‎pelatihan evakuasi bencana banjir‎seandainya terjadi bencana banjir.

Dikatakan bupati, saat ini selain bencana alam berupa banjir, ada juga bencana pandemiCovid-19 yang sampai saat ini masih terjadi, yang terus ditangani oleh Pemerintah, TNI, Polri dan relawan.

“Terima kasih kepada TNI, Polri danrelawan terus bersinergi penanganan Covid-19 di Kabupaten HSS,” ujarnya.

Dikatakan bupati, dalam penanganan bencana alam, desa bisa menggunakan dana desa dalampenanganan bencana sesuai dengan skala desa masing-masing.

“Seandainya terjadi bencana, desa bisa menggunakan dana desa sesuai skala desamasing-masing,” ujar bupati.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.