Ada Gangguan Kamtibmas, Laporkan Lewat ‘WA Let’s App’

ilustrasi logo WA Let's App Polresta Banjarmasin (Ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Saat ini, jika mengalami atau menemui masalah gangguan Keamanan dan Ketertiban di Masyarakat (Kamtibmas) di Kota Banjarmasin, anda bisa dengan mudah melaporkan hal tersebut melalui aplikasi ‘WA Let’s App’.

Hal ini karena Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Banjarmasin telah membuat terobosan baru melalui ‘WA Let’sApp’ atau laporkan gangguan Kamtibmas melalui WhatsApp.

Bacaan Lainnya

“Kami punya nomor WhatsApp spesial untuk masyarakat Kota Banjarmasin, jadi apabila ada gangguan Kamtibmas langsung saja lapor ke WA Let’sApp,” ucap Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin AKP Alfian Tri Permadi pada awak media di ruang kerjanya, di Banjarmasin, Selasa (11/08/2020) kemaren.

Menurutnya, masyarakat bisa memberikan laporan via aplikasi sosial media tersebut ke nomor 082211772007. “Kami jamin identitas bagi yang menginformasi akan dirahasiakan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, terobosan baru ini dibuat melalui proses evaluasi dari lingkungan masyarakat yang tinggal di Kota Seribu Sungai ini lebih banyak menggunakan aplikasi WA di bandingkan medsos lainnya dalam menginformasikan suatu kejadian.

“Kami melihat peran serta masyarakat menjadi faktor utama dalam penegakkan hukum ketertiban kamtibmas sehingga ide membuat WA Let’sApp ini muncul dan lapor melalu WA ini tidak akan rumit seperti aplikasi lainnya,” kata alumni Akpol 2007 itu.

Bukan itu saja, dari hasil pengamatan yang dilakukan pihaknya, masyarakat juga lebih antusias dalam menyampaikan atau memberikan informasi melalui aplikasi WA.

“Banyak masyarakat begitu ada kejadian langsung lapor ke grup WA, sehingga kami memberikan tempat apabila ada gangguan Kamtibmas atau mau konsultasi terkait tindak pidana bisa langsung ke WA Let’sApp,” tuturnya

Perwira lulusan Akpol 2007 itu menambahkan, apalagi aplikasi WA yang banyak digunakan warga saat ini sudah memiliki kontens yabg cukup lengkap, termasuk adanya share lokasi.

“Jadi, ketika masyarakat memberikan laporan kejadian bisa menyertakan data dan lokasi bahkan video sehingga memudahkan kinerja pihak kepolisian saat melakukan penyelidikan di lapangan,” tutur Alfian.

Sehingga, pihaknya berharap adanya peran serta masyarakat yang aktif dalam memberikan informasi melalui WA Let’sApp.

“Jangan takut dan khawatir kerahasian pasti dijaga dan aman, jadi jangan ragu lagi jika memberikan informasi ke melalui WA Let’sApp,

Layanan WA Let’s App ini termonitor selama 24 jam oleh piker Satreskrim, jadi silahkan masyarakat yang ingin lapor atau hanya sekedar konsultasi pasti selalu dilayani dengan baik.

“Saya imbau kepada masyarakat silahkan simpan nomor WA Let’s App ini agar apabila nanti ada kejadian atau yang membutuhkan kehadiran Polisi, kita segera datang,” ungkapnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Zakiri

Tinggalkan Balasan