Bupati : Kelestarian Hutan Loksado Tetap Terjaga‎ ‎

MENJELASKAN- Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry menjelaskan kepada Normalina, ‎Mahasiswa Doktoral ULM‎, dalam pempertahankan hutan Loksado.(Humas)

Kandangan, kalselpos.com– Bupati Kabupaten  Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry, menerima Normalian mahasiswa doktoral Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang akan melakukan disertasi, Selasa (4/8).‎

Normalina, ‎Mahasiswa Doktoral ULM, mengatakan kedantanganya untuk pengumpulan data penyusunan disertasi program S3 struktual di ULM dengan judul model kepemimpinan hijau dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup berkelanjutan di Kalimantan Selatan. “Saya memilih HSS, karena memiliki keistimewaan yang mampu ‎mempertahankan keberadaan hutan lindung tetap Lestari,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry, mengatakan di Kabupaten HSS masih banyak hutan dan pohon-pohonnya dipertahankan. “Alasan untuk mempertahankan kelestarian hutan Loksado,  karena sumber air banyak berada di hutan,” ujar bupati.‎

Menurut bupati, dalam mempertahankan hutan dan lingkungan bukan tanpa resiko, dan sampai saat ini masih bisa dimempertahankan dan tidak ada exploitasi hutan.

Dalam melaksanakan pembangunan di wilayah Kecamatan Loksadi, pihaknya telah membangun beberapa jembatan temasuk jembatan gantung agar akses mobil tidak bisa masuk, sehingga kelestarian hutan tetap terjaga. “Kita membangun jembatan gantung, untuk menghindari mobil masuk hutan yang tidak mustahil akan menebang pohon-pohon yang ada disana,” ujarnya.

‎Walau‎ secara hukum adat memang ada aturan menebang pohon larangan, tapi pemerintah tetap ada strategi dalam menjaga hutan. “Hutan di Loksado itu merupakan paru paru kita, sumber air wajib jaga,” ujarnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Wandi