Desa Jaro Tabalong Andalkan Pembibitan Padi Unggul

  • Whatsapp
-Pelaksana Tugas Camat Jaro, Rahmatullah Putra Perdana

Tabalong , kalselpos.com – Kampung Jawa yang berada di Desa Jaro Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong telah dikenal memiliki potensi berupa Panorama alam yang sangat indah dan berhawa sejuk, karena desa yang berada di Utara Provinsi Kalsel ini, memiliki ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut.

Suasana di Desa Jaro

Kendati demikian, seiring berjalannya waktu, efek dari emisi gas dan rumah kaca mengakibatkan pemanasan global sehingga turut berimbas pada wilayah itu.

Bacaan Lainnya

Desa yang dulunya ikut Kecamatan Muara Uya dan Pemekaran Kecamatan pada tahun 1982 silam, sebagian besar masyarakatnya adalah petani padi, petani karet, beternak, budidaya ikan dan berkebun, serta pertukangan bangunan.

Semenjak desa ini menerapkan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yaitu program kampung iklim pada tahun 2017 lalu, Desa ini pun akhirnya mampu mengembalikan kondisi lingkungannya, serta mampu mandiri dan dapat meningkatkan kesejahteraan warganya.

Dibalik keindahannya, ternyata desa ini masih memiliki potensi lain yang merupakan andalan dari warganya, yaitu sebagai sentra Pembibitan Padi Unggul.

“Banyak program yang diterapkan di Desa ini, selain Kampung Iklim, dianataranya pemanfaatan sumber mata air, pemanfaatan kotoran dan air seni ternak, serta lain sebagainya”menurut Tugimin Kepala Desa Jaro.

Desa yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 3.300 jiwa ini, juga memiliki gapoktan yang meliputi sembilan kelompok tani dan empat kelompok peternak sapi, serta memiliki peternakan ayam yang hampir ada disetiap rumah warganya.

Pelaksana Tugas Camat Jaro, Rahmatullah Putra Perdana mengatakan, ada beberapa program yang sudah diterapkan warga setempat semenjak berlangsungnya keberadaan kampung iklim di desa jaro, diantaranya pembuatan embung, pakan ternak dan biogas dari kotoran ternak.

Untuk meningkatkan pendapatan desa yang dikelola bumdes, desa ini juga berencana membangun sektor pariwisata dengan memanfaatkan sumber mata air, sebagai destinasi wisata.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis: Ahmad Fauzie

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *