Pemkab Kotim Siap Dukung KPU Kalteng Sukseskan Pilkada 2024

Teks foto: Foto bersama peserta sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2024 di Kabupaten Kotim yang digelar KPU Kalteng, Senin (1/7/24). (Foto: Kalselpos)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) siap mendukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sukseskan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024, agar pesta demontrasi ini berjalan lancar dan sukses dengan partisipasi pemilih tinggi.

Hal itu disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kotim Rihel saat mewakili Bupati Kotim Halikinnor dalam acara sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2024 di Kabupaten Kotim yang digelar KPU Kalteng. Selain itu, juga digelar bersamaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotim.

Bacaan Lainnya

“Sosialisasi ini penting dalam upaya memberikan pemahaman, informasi dan hal-hal lainnya berkenaan dengan Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun tahun 2024, sehingga kepada seluruh peserta mendapatkan pembelajaran dan memperoleh pengetahuan serta informasi penting mengenai tahapan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024,” kata Rihel di Sampit, Senin (1/7/24).

Menurut Rihel, sosialisasi ini penting untuk memberikan pemahaman kepada semua pihak tentang pentingnya penyelenggaraan pemilihan serta hak suara kita dalam pelaksanaan pemungutan suara saat pemilihan kepala daerah nantinya.

Penyelenggaraan pilkada secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan terpilihnya pemimpin dan wakil rakyat yang berkualitas, dapat dipercaya, dan dapat menjalankan fungsi pemerintahan secara optimal.

Ukuran suksesnya penyelenggaraan pilkada tidak hanya terletak pada hasil akhir yang dicapai, yaitu terpilihnya pasangan pemimpin terpilih untuk masa jabatan satu periode, tetapi keberhasilan utama terletak pada terciptanya proses pemilihan yang kondusif, damai dan lancar.

Jika terdapat permasalahan yang timbul selama penyelenggaraan, diharapkan dapat diselesaikan secara baik.
Pelaksanaan perhelatan pilkada memerlukan tanggung jawab dan perhatian seluruh lapisan masyarakat untuk mengawal dan menjaga proses demokrasi yang sedang berjalan.

“Suksesnya penyelenggaraan pilkada tidak hanya menjadi tanggung jawab dari penyelenggara pemilu saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab kita bersama termasuk pemerintah dan juga masyarakat,” ujar Rihel.

Rihel menambahkan, sosialisasi ini sangat penting dilakukan sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih yang cenderung turun jika dibandingkan dengan penyelenggaraan pemilu.

“Untuk itu diperlukan peran serta dari seluruh aparatur pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan organisasi kemasyarakatan lainnya untuk dapat menyampaikan informasi dan memberikan wawasan kepada masyarakat agar ikut hadir ke TPS dan sosialisasi seperti ini perlu dilaksanakan terus-menerus demi suksesnya penyelenggaraan seluruh tahapan pemilihan,” pungkas Rihel.

Anggota Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi, Hubungan Masyarakat dan SDM KPU Kalteng, Harmain mengatakan, sosialisasi ini penting untuk memberi pemahaman tentang pilkada serta menarik kepedulian masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

“Bagi warga yang belum didatangi pantarlih dan rumahnya belum ditempel stiker tanda pemilih, kami minta segera melapor. Kami berharap semua warga terdata dan nantinya menggunakan hak pilihnya dengan baik,” pungkas Harmain.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait