Wabup Banjar Resmikan Masjid Sayyid Machmud

Teks foto Wabup Banjar menandatangi prasasti peresmian Masjid Sayyid Machmud.(ist)(kalselpos.com)

Martapura, kalselpos.com– Wakil Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Said Idrus Al Habsyi mengatakan keberadaan Masjid Sayyid Machmud dapat meningkatkan syiar Islam bagi umat muslim.

 

Bacaan Lainnya

Said sempat meresmikan Masjid Sayyid Machmud sekaligus peringatan haul Syech Muhammad bin Abdul Karim As-Samman Al-Madani di Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu (9/6) kemarin.

 

 

 

Saat peresmian, ribuan ribuan jamaah memadati Masjid Sayyid Machmud di Jalan Sekumpul Ujung Kecamatan Martapura.

 

 

“Kami atas nama pemerintah daerah dan pribadi menyambut baik serta bangga atas peresmian masjid yang tentunya akan menjadi sarana untuk meningkatkan syiar Islam terutama di kawasan sekitarnya,” ujar Said.

 

 

 

Said berharap pengurus masjid dan warga sekitar harus menjaga, merawat, memfungsikan dan memakmurkan masjid, serta memanfaatkan untuk meningkatkan syiar Islam.

 

 

 

Ditekankan Said, masjid bukan hanya tempat ibadah bagi umat muslim tetapi juga menjadi tempat pengembangan dakwah Islamiah, aktivitas majelis, pendidikan serta kegiatan sosial lainnya.

 

 

 

“Semoga masjid yang megah ini dapat memancarkan cahaya Islam, menyebarkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, persaudaraan dan kerukunan umat serta membawa keberkahan bagi semua,” pesannya.

 

 

 

Sementara itu, Haul Syech Muhammad bin Abdul Karim As-Samman Al-Madani, memberikan spirit bagi umat Islam dan teladan orang makrifat, pemimpin para syech diberi maqam serta karomah.

 

 

 

“Salah satu karomahnya yang terus diingat sampai sekarang adalah namanya selalu disebut, didoakan dan dibaca dalam tawasul sampai sekarang oleh jutaan umat Islam di belahan dunia,” ungkap Said.

 

 

 

Kegiatan haul diisi pembacaan manaqib almarhum disampaikan Guru Muhammad Rofi’i serta tahlil, zikir dan doa. Sementara tausiah disampaikan Habib Husein As Segaf dari Lawang Jawa Timur.

 

 

 

“Banyak keutamaan dan pahala yang didapat saat membangun masjid, apalagi masjid bukan hanya untuk shalat lima waktu tapi juga baca Al Qur’an, iktiqaf dan ibadah lainnya,” kata Habib Husein.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait