Stok hewan kurban di Banjarbaru penuhi kebutuhan Idul Adha

Teks foto Ketersediaan hewan kurban jenis sapi dan kambing cukup terpenuhi untuk Idul Adha 2024 di Kota Banjarbaru.(ist)(kalselpos.com)

Banjarbaru, kalselpos.com– Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru menyatakan ketersediaan hewan kurban jenis sapi dan kambing cukup terpenuhi untuk Idul Adha 2024.

 

Bacaan Lainnya

 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Abu Yajid Bustami mengatakan, pihaknya sudah memiliki data ketersediaan hewan kurban untuk kebutuhan Idul Adha 1445 Hijriah.

 

 

 

 

“Ketersediaan hewan kurban kurang lebih 4.158 ekor yang terdiri dari sapi sebanyak 2.346 ekor dan kambing mencapai 1.812 ekor yang melebihi jumlah kebutuhan penyembelihan hewan kurban,” ujar Yajid.

 

 

 

Berdasarkan data 2023, Yajid mengungkapkan kebutuhan hewan kurban di Kota Banjarbaru untuk sapi sebanyak 1.200 ekor dan kambing mencapai 700 ekor.

 

 

 

Yajid menuturkan kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah diperkirakan tidak begitu jauh dari tahun lalu sehingga ketersediaan baik sapi maupun kambing mampu memenuhi permintaan.

 

 

 

“Jumlah sapi maupun kambing yang berada di peternak baik skala besar maupun kecil kami perhitungan mencukupi kebutuhan sehingga tidak perlu khawatir kekurangan hewan kurban,” ungkapnya.

 

 

 

Sementara itu, harga hewan kurban pada 2024 hampir sama dengan tahun lalu pada kisaran Rp14 juta-Rp23 juta per ekor untuk sapi dan Rp3 juta-Rp6 juta untuk kambing disesuaikan berat tubuh.

 

 

 

 

 

Dikatakan Yajid, Pemkot Banjarbaru telah membentuk tim yang ditugaskan memeriksa hewan kurban sebelum dan sesudah disembelih untuk memastikan layak disembelih atau tidak saat perayaan Idul Adha.

 

 

 

“Kami sudah membentuk tim pemeriksa hewan kurban yang akan terjun sebelum maupun sesudah penyembelihan. Tujuannya untuk memastikan layak tidaknya hewan kurban disembelih,” kata dia.

 

 

 

Yajid menambahkan pemeriksaan hewan kurban dilakukan jauh hari sebelum penyembelihan dan petugas datang langsung ke lokasi untuk mengecek kesehatan hewan sebelum sembelih dan sesudah disembelih.

 

 

 

“Sesuai arahan wali kota, kami juga memberikan edukasi pemilihan hewan kurban yang sehat sehingga masyarakat mengetahui dan mereka disarankan membeli di peternak agar memenuhi syarat,” katanya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait