Pj Bupati Zakly Asswan Apresiasi Penerapan Metode Tanam Padi Apung 

Teks foto:  Syukuran panen padi apung di Desa Banyu Hirang, Kecamatan Amuntai Selatan. (diskominfosandi)(kalselpos.com)

Amuntai, Kalselpos.com – Penggunaan tanam padi dengan metode apung oleh Kelompok Tani Karya Makmur Desa Banyu Hirang, Kecamatan Amuntai Selatan mendapat apresiasi dari Pj Bupati HSU.

 

Bacaan Lainnya

Apresiasi tersebut disampaikannya melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Akhmad Rijani saat syukuran panen padi apung, Selasa (5/6/2024) lalu.

 

Ia menyampaikan, sumber daya alam HSU yang didominasi lahan lebak sekitar 89 persen menjadi tantangan sekaligus peluang untuk mengoptimalkan keberadaannya, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

“Kita sangat bangga dan mengucapkan terima kasih kepada kelompok tani karya makmur yang telah menjadi pioner dalam penerapan tanam padi dengan cara apung di HSU,” ucapnya.

 

Zakly Asswan menuturkan, bahwa teknologi padi apung merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh petani di HSU, khususnya disaat terjadinya musim penghujan yang menyebabkan keterlambatan masa tanam bagi petani di daerah karena rawa sangat tergenang.

 

“Karenanya dengan adanya percontohan tanam padi apung ini kita harapkan dapat menginspirasi petani dan menjadikan solusi tanam padi pada musim penghujan yang dimana beberapa tahun ini kita mengalami gagal tanam atau panen, dan saya ucapkan terima kasih kepada para petani dan semua pihak yang telah berkontribusi,” tuturnya.

 

Sementara, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian HSU, Noor Ilham, menyampaikan, kegiatan penanaman padi apung ini dilaksanakan tidak terlepas dari kondisi wilayah HSU yang beberapa tahun terakhir banyak terendam air, salah satunya di Desa Banyu Hirang.

 

Tanam padi apung merupakan cara alternatif bagi masyarakat untuk memproduksi dan memanfaatkan lahan meski tergenang air.

 

“Ini adalah salah satu alternatif melalui pemerintah kabupaten HSU melalui Dinas Pertanian dan bekerjasama dengan Bank Indonesia yang telah mendukung kita,” ungkapnya.

 

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait