Pemkab Kotabaru gelar lomba kreativitas berbahan Singkong antar SKPD dan Instansi

Teks : Festival Kuliner Kreatif (FKK), Minggu (5/5/2024).(kalselpos.com)

Kotabaru, kalselpos.com – Festival Kuliner Kreatif (FKK) yang dibuka secara resmi Jumat malam kemarin, Minggu (5/5/2024) dilaksanakan lomba masak antar SKPD dan Instansi dengan berbahan dasar singkong tentunya ikut memeriahkan festival yang digelar oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga di objek wisata Siring Laut ini merupakan rangkaian dari yang diperlombakan.

 

Bacaan Lainnya

Lomba yang diadakan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam memajukan wisata di bidang kuliner dengan tujuan untuk memasyarakatkan pangan lokal dengan memanfaatkan bahan disekitar menjadi olahan pangan yang bergengsi dan berdaya saing.

 

Dikesempatan itu Juri Penilai Chef Didi Prawiro yang merupakan Ketua Chef Association BPD Kalimantan Selatan menuturkan, salah satu kriteria penilaian yang dilihat dari komposisi gizi dalam makanan olahan singkong, karena singkong banyak mengandung karbohidrat dan memiliki kesulitan tersendiri saat diolah.

 

“Ada lima aspek kriteria yang kita nilai disini yakni meliputi, kreativitas dan kebersihan, teknik memasak, konstum dan terutama citra rasa serta garnish, karena menyesuaikan dan yang dicari rasa yang memang khas singkong dengan komposisi harus 50 persen lebih banyak dari pada bahan lainnya, selain menilai kita juga memberikan metode teknik cara memasak agar mereka saat mengolah bahan makanan itu tidak merasa ragu lagi sehingga saat nanti mewakili ke tingkat Provinsi atau lainnya mereka lebih percaya diri,” ucapnya.

 

Senada dengan itu Chef dari ICA BPC Kotabaru Muhammad Novie juga menyampaikan, agar lebih mengangkat menu masakan khas Kabupaten Kotabaru.

 

“Agar lebih mengangkat menu-menu atau bahan yang menjadi ikonik untuk Kotabaru sehingga menciptakan menu atau masakan identitas khas dari Kabupaten Kotabaru,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kotabaru Sonny Tua Halomoan,ST., M. E mengatakan, semua peserta sudah ikut menyukseskan pariwisata Kabupaten Kotabaru.

 

“Dalam festival kuliner ini sudah dilaksanakan berbagai lomba, diantaranya lomba menu kreatif kuliner, lomba bazar produk kreatif kuliner dan yang terakhir lomba masak SKPD dan Instansi berbahan dasar singkong, yang mana para peserta sudah ikut menyukseskan pariwisata Kabupaten Kotabaru yaitu wisata kuliner,” ungkapnya.

 

Sebelum menutup festival kreatif kuliner 2024 ini Kadis Disparpora juga menyampaikan himbauan dari Bupati Kotabaru untuk ikut menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke-74.

 

“Adapun tema Hari Jadi Kabupaten Kotabaru yang ke-74 yaitu, Man-julang “Manuntungakan Amanah-Manuju Kotabaru Gemilang (pencapaian tertinggi dalam sebuah proses yang nampak dan sangat terlihat menonjol ke permukaan),” terang Sonny.

 

“Beliau juga meminta baik pribadi maupun instansi agar dapat memasang logo hari jadi Kotabaru di tempat-tempat kita berada untuk

memeriahkan hari jadi ke-74 di setiap ada kegiatan, dan filenya bisa diminta di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat,” demikian tambahnya.

 

Sekedar informasi bahwa lomba ini diikuti sebanyak 28 peserta terdiri SKPD, Instansi dan sekolah.

 

Diakhir acara juga diumumkan pemenang lomba yakni lomba Bazar diraih Kecamatan Kelumpang Hilir sebagai juara 1, dan untuk juara 2 Kecamatan Pulau Laut Utara sedangkan juara 3 diambil oleh Kecamatan Pulaulaut Sigam.

 

Sedangkan untuk lomba Menu Kreatif Kuliner diraih nomor peserta 11 dengan Lebon Sa’ijaan sebagai juara 1, juara 2 peserta nomor urut 02 dengan tema Puding Ubi Sebelimbingan dan juara 3 diraih nomor urut 05 dengan Pasbabon.

 

Lomba Masak SKPD dan Instansi berbaham dasar singkong juara 1 diraih Jalasenastri Kotabaru, Juara 2 Kecamatan Pulaulaut Sigam, Juara 3 Satpol PP, dan Harapan 1 Dinas Komunikasi dan Informatika.

 

Untuk diketahui bersama bahwa Ketua TP-PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar didaulat menjadi salah satu dewan juri dalam lomba menu kreatif khas Kotabaru, dengan tujuan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan UMKM dan melestarikan menu nusantara khususnya masakan khas Kotabaru.

Selain itu juga untuk memperkenalkan kuliner khas Kotabaru agar dikenal di Indonesia.

 

Dan pada Sabtu (04/05/2024) malam kemarin, di puncak acara Festival Kreatif Kuliner 2024, Chef Brian Wicaksono Runner Up MasterChef Indonesia S3 turut memamerkan kebolehannya dalam meramu berbagai minuman yang mana acara tersebut juga diisi talkshow bersama dua Chef yang menjadi dewan juri dalam Lomba menu kreatif kuliner khas Kotabaru serta menyaksikan penampilan Fatin artis dari ibukota Jakarta yang berhasil menghipnotis pengunjung Siring Laut dengan beberapa lagu yang dibawakannya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait