Mujiyat Gelar Rakor Desk Pemilu 2024

Ket foto : Pj. Bupati Batola Mujiyat, S.Sn, M.Pd saat pimpin rakor pembentukan tim Desk di Aula Selidah.(ist)

Marabahan,Kalselpos.com – Demi terselenggaranya pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, aman, tertib dan bertanggung jawab sesuai tahapan yang telah diatur dalam peraturan perundang – undangan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) mebggelar rapat koordinasi tim Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK) Pemilu Tahun 2024 pada Kamis (01/02/2024).

Rapat koordinasi tim Desk dilaksanakan di Aula Selidah dihadiri oleh Penjabat (PJ) Bupati Mujiyat, S.Sn, M.Pd, anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, para pimpinan SKPD dan Camat se Batola.

Bacaan Lainnya

Mujiyat sampaikan wewenang pemerintah kabupaten dalam garis besarnya bertujuan untuk mengawal, memfasilitasi dan memantau penyelenggara pemilu yang dilaksanakan oleh KPU beserta Bawaslu secara berkesinambungan.

Melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagaimana diamanatkan dalam peraturan perundang – undangan yang berpedoman pada proporsionalitas, profesionalitas, tidak diskriminatif dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, serta dapat melakukan pembinaan dan pengawasan dengan baik terhadap pelaksanaan tugas pada tingkatan di bawahnya.

Dikatakan Mujiyat, pemilu merupakan sarana kedaulatan rakyat, sehingga diera keterbukaan seperti sekarang ini bahwa masyarakat serta segenap pemangku kepentingan, telah semakin kritis dan memahami keberadaan pemilu sebagai harapan dalam kehidupan berdemokrasi.

Dia berharap melalui rakor ini, kita bersama bisa saling berkoordinasi tentang tugas dan fungsi tim Desk pemilu, serta koordinasi rencana kegiatan monitoring pelaksanaan pemilu di Batola, sehingga akan semakin memantapkan proses penyelenggaraan pemilu, khususnya di Batola.

“Batola diharapkan akan berimplikasi pada terwujudnya komitmen para penyelenggara pemilu ditingkat kabupaten dan kecamatan, termasuk instansi maupun lembaga terkait terhadap penyelenggaraan pemilu tahun 2024.” harapnya.

Penetapan dalam acara rapat koordinasi tim dukungan Desk yaitu
Pertama melaksanakan koordinasi dalam rangka mendukung segala persiapan untuk kelancaran pelaksanaan Pemilu di Daerah.

Kedua, melakukan pemantauan pelaksanaan pemilu di daerah. Ketiga, menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan – permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu.

Keempat, memberikan saran kepada penyelesaian permasalahan – permasalahan pelaksanaan Pemilu. Kelima, Melaporkan informasi kepada pemerintah mengenai pelaksanaan pemilu.

Adapun untuk penempatan lokasi tim Desk VIII diisi oleh Kepala Dinas Kominfo Hery Sasmita,. S. STP. M. AP., Kabag Prokopimda Setda, Camat Tamban, dan Camat Mekarsari di Kecamatan Tamban dan Mekarsari.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait