Antisipasi Banjir, Kodim 1001 Tanam Pohon dan Pembersihan Saluran Air

Teks foto: Anggota Kodim 1001 HSU-Balangan membersihkan parit atau drainase antisipasi banjir menjelang musim penghujan. (ist)

Amuntai, kalselpos.com – Prajurit TNI AD dari Kodim 1001 Hulu Sungai Utara (HSU)-Balangan turun tabgab membantu pemerintah daerah melakukan pembersihan saluran air dan tanam pohon.

Pembersihan dan penanaman pohon salh satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir, mengingat sudah memasuki musim penghujan.

Bacaan Lainnya

Penanaman pohon dilakukan di tempat-tempat rawan longsor dan pembersihan parit selokan/ drainase air yang sudah tersumbat, Selasa(05/12).

Komandan Kodim 1001 HSU-Balangan Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja mengatakan, operasi bersih-bersih parit selokan/ drainase air yang dilakukan jajaran Kodim 1001 untuk mendukung pemerintah daerah mengantisipasi banjir dan longsor, serta menghindari penyakit menular pada musim penghujan.

“Kegiatan ini sengaja dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya preventif juga responsif dengan situasi perubahan iklim dalam mengantisipasi bencana banjir dan longsor, seiring dengan datang dan tingginya intensitas musim hujan pada periode Bulan Desember 2023 sampai Februari 2024 nanti,” kata Dandim.

Dandim melanjutkan, upaya tersebut merupakan wujud dalam melaksanakan perintah pimpinan untuk peduli terhadap lingkungan dan cegah dini potensi terjadinya banjir longsor dan penyakit menular saat musim penghujan. Gerakan Penanaman Pohon dan Pembersihan ini dilaksanakan seluruh jajaran TNI AD di wilayah seluruh Indonesia.

Dandim menjelaskan, kebanyakan sampah yang diangkut didominasi sampah rumah tangga dan sampah plastik yang dibuang ke saluran parit/ drainase air oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Saat ini, kepedulian masyarakat terhadap sampah dinilai masih minim. Terbukti saat kami memungut sampah di saluran-saluran parit/ drainase air di wilayah pemukiman maupun perkotaan masih banyak jenis sampah plastik yang diduga dibuang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” kata Dandim.

Dandim menghimbau masyarakat untuk lebih sadar membuang sampah pada tempatnya, sebab bencana banjir akan mengancam warga jika saluran-saluran parit/ drainase air tersumbat karena dijadikan tempat pembuangan sampah.

“Peduli dengan lingkungan berarti kita sudah peduli dengan generasi kita dimasa depan. Apa yang sudah kita perbuat akan menjadi catatan amal dan kebaikan yang akan dibalas kebaikan pula oleh Allah SWT. Sayangi diri kita, sayangi lingkungan kita,” pesan Dandim.

Di kesempatan tersebut, diikuti pula anggota kepolisian dari masing-masing Polsek setempat.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait