Dinas PMD HSS Laksanakan Sosialiasi dan Pelatihan SI DODOL

SOSIALISASI- Dinas PMD Kabupaten HSS sosialisasi dan pelatihan penginputan SI DODOL.(Kominfo)/ kalselpos.com

Kandangan, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) sosialisasi dan pelatihan penginputan Sistem Informasi dan Optimalisasi Layanan Desa Online (SI DODOL), Selasa (29/11), di aula Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten HSS.

Kepala Dinas PMD Kabupaten HSS Susilo Adianto mengatakan, desa sebagai lembaga pemerintah pada level paling bawah, seiring dengan perkembangan zaman, aspek keterbukaan informasi dan penyelenggaraan pelayanan masyarakat, semakin hari tentu semakin menuntut perbaikan dan peningkatan dari pemberi layanan.

Bacaan Lainnya

Menurut Susilo, untuk menjawab tuntutan tersebut, adalah dengan pemanfaatan teknologi informasi di bidang pemerintahan, dengan menghadirkan inovasi-inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan kepada masyarakat.

Dikatakan Susilo, inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi tidak harus yang rumit, tetapi yang terpenting nilai guna dan kemudahannya.

Nah, menjawab itu Dinas PMD bersama Dinas Komunikasi dan Informatika menyiapkan sebuah aplikasi berupa Sistem Informasi
dan Optimalisasi Layanan Desa Online (SI DODOL), yang merupakan sebuah sistem informasi aplikasi pemberian layanan online bagi masyarakat Desa.

Hal ini untuk pemenuhan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati HSS, pada misi ke lima, yaitu menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta pelayanan publik berkualitas, berbasis teknologi informasi, dalam bingkai kehidupan yang agamis.

Susilo mengatakan, aplikasi SI DODOL berisi menu tentang transparansi informasi berupa gambaran umum desa, visi dan misi desa, struktur organisasi desa, profil desa, dan berita atau informasi-informasi tentang kegiatan desa.

“Aplikasi SI DODOL juga pemberian layanan online surat menyurat dan kependudukan, dan surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh Desa,” ujar Susilo.

Ke depan, kata Susilo, menu yang ada dalam aplikasi akan terus di di update dan diupgrade, sebagai bentuk penyesuaian terhadap berbagai tuntutan perkembangan zaman, yang disediakan untuk 144 desa, yang tentunya memerlukan bandwith yang besar, sehingga perkembangannya dilakukan secara bertahap.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait