Komisi II Dukung Optimalisasi PAP untuk Peningkatan PAD

Rombongan Komisi II DPRD Kalsel bersama Instansi dan perusahaan terkait antara lain Tim Teknis Optimalisasi Pajak Bakeuda Kalsel beserta jajaran UPPD Tanjung dan dari Kabupaten Balangan, dan Tim Perizinan dari Dinas Penanaman Terpadu Satu Pintu (DPTSP) Berfoto bersama.(ist)Sidik.kalselpos.com

Banjarmasin, kalselpos.com – sejumlah Komisi II DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar rapat koordinasi (rakor) optimalisasi Pajak Air Permukaan (PAP) bersama stakeholder di Kabupaten Tabalong dan Balangan di Tanjung ibukota Tabalong.

Rombongan Komisi II DPRD Kalsel bersama Instansi dan perusahaan terkait antara lain Tim Teknis Optimalisasi Pajak Bakeuda Kalsel beserta jajaran UPPD Tanjung dan dari Kabupaten Balangan sambangi sejumlah perusahaan yang memanfaatkan Air Permukaan.(ist)Sidik.kalselpos.com

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tabalong, H. Abdul Muthalib Sangadji mengatakan, sesuai amanah perundang-undangan sektor PAP adalah pajak atas pengambilan/pemanfaatan air permukaan yang masuk ke salah satu sendi pendapatan daerah. Oleh karenanya dia berharap, rakor tersebut dapat menghasilkan beberapa strategi yang tepat dalam memungut PAP, terutama di “Bumi Saraba Kawa” Tabalong.

Bacaan Lainnya

“Potensi PAP di Bumi Saraba Kawa Tabalong lumayan besar untuk memberi kontribusi maksimal dalam pendapatan daerah,” katanya Kamis(22/9) lalu.

Diungkapkannya, hal yang tak kalah pentingnya adalah Wajib Pajak (WP) saat ini sangat menginginkan pelayanan yang cepat dan mudah, maka dari itu memaksimalkan berbagai kemudahan layanan teknologi informasi perlu ditingkatkan setiap bentuk pelayanan yang dimaksudkan.

Sementara itu Kasi Pendapatan UPPD Tanjung, Miftah Ridha Anshari mengungkapkan, rakor tersebut mengacu Keputusan Gubernur Kalsel tahun 2021 tentang Tim Teknis Optimalisasi PAP.

Ditambahkannya, kemudian
Surat Ketua DPRD Kalsel tahun 2022 tentang Koordinasi Optimalisasi PAP di Tabalong Pemerintah pusat
menginformasikan untuk menargetkan pengoptimalan pajak buat tahun depan.

Senada Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Noor Fajri menyebutkan ada beberapa poin persamaan persepsi baku mutu air, peralatan dan volume airnya.

Disampaikannya, secara general semua pihak terkait telah menyatukan persepsinya dalam pertemuan hari ini dan harapannya koordinasi dan pemasukan mencapai target yang diharapkan oleh pemerintah pusat namun prinsipnya legislatif mendukung penuh demi peningkatan PAD di sektor PAP tersebut.

Hadir dalam Rakor tersebut beberapa instansi dan perusahaan terkait antara lain Tim Teknis Optimalisasi Pajak Bakeuda Kalsel beserta jajaran UPPD Tanjung dan dari Kabupaten Balangan, dan Tim Perizinan dari Dinas Penanaman Terpadu Satu Pintu (DPTSP).

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait