Masyarakat Kotim Diimbau Lengkapi Vaksinasi Booster

Wakil Bupati Kotim Irawati saat menghadiri kegiatan Penggerakan Masyarakat dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2022 yang dilaksanakan di SDN 3 Mentawa Baru Hulu, Senin (12/9). (Foto: Diskominfo Kotim)/kalselpos.com

Sampit,kalselpos.com -Kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sudah jauh melandai. Meski begitu, masyarakat diimbau menerapkan protokol kesehatan serta mengikuti vaksinasi hingga dosis penguat atau booster agar imunisasi tubuh meningkat sehingga tidak mudah tertular penyakit.

Wakil Bupati Kotim Irawati mengatakan, mengimbau masyarakat untuk kembali menerapkan protokol kesehatan, terutama jika bepergian ke daerah yang terjadi penyebaran penyakit tersebut. Ini sebagai upaya melindungi diri agar tidak mudah tertular virus mematikan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Selain itu, kami juga mengimbau masyarakat melengkapi vaksinasi Covid-19 dengan dosis booster sesuai dengan program pemerintah,” kata Irawati di Sampit, Senin (12/8/2022).

Saat ini pandemi telah berangsur-angsur mereda. Pemerintah pun telah melonggarkan aturan penggunaan masker dan protokol kesehatan lainnya serta aturan bagi pelaku perjalanan.

“Namun, seiring dengan pelonggaran tersebut, ternyata membawa dampak yang kurang baik bagi kita. Bahkan di ibukota negara telah terjadi penyebaran kasus Covid-19 dengan varian baru. Di beberapa daerah mengalami penambahan kasus Covid-19 dan sebagian kota di Kalimantan Tengah juga terjadi hal demikian,” terangnya.

Menurut Irawati, pandemi Covid-19 memberikan tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan jalannya roda perekonomian di indonesia, terutama di Kabupaten Kotim.

Sementara itu di sisi lain, juga terjadi penyebaran penyakit kulit dan kuku pada hewan ternak, kemudian pada manusia juga terjadi penyebaran penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya. Juga ada virus hendra yang menyebar dari kuda ke manusia, dan monkey fox atau cacar monyet.

Untuk itu masyarakat juga harus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta senantiasa mengonsumsi gizi seimbang, di samping cukup istirahat dan mengelola stres.

Seiring dengan perkembangan kondisi tersebut, tidak mungkin berdiam diri dan menyerah. Semua pihak harus melakukan segala daya upaya agar tidak terpuruk seperti kondisi yang terjadi pada dua tahun terakhir.

“Kita perlu melakukan percepatan pembangunan di segala bidang, terutama di sektor kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Disadari atau tidak, ketiga sektor tersebut sangat penting dalam menopang kehidupan kita, namun urusan tersebut tidak bisa mengandalkan institusi tertentu saja,” kata Irawati

Semua pihak harus memberikan dukungan dan sokongan, mengingat bahwa sektor tersebut akan terkena imbas atau dampak dari sektor lain yang tidak terselesaikan atau tidak bergerak.

Untuk itu, peranan semua pihak sangat diperlukan dalam upaya menyehatkan, mendidik dan meningkatkan status ekonomi masyarakat, sehingga masyarakat menjadi sehat, cerdas dan mempunyai daya saing.

Sementara itu Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kotim per 11 September 2022, capaian vaksinasi booster harus terus ditingkatkan. Capaian vaksinasi dosis 1 sebanyak 100,66 persen, dosis 2 mencapai 80,44 persen dan dosis 3 atau booster mencapai 28,93 persen. Sementara itu dosis 4 bagi tenaga kesempatan baru mencapai 15,11 persen.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait